TIPE KEPEMIMPINAN DIREKTUR DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOPMA UIN SUNAN KALIJAGA (LP2KIS) YOGYAKARTA

DJODY PUETRA UTAMA, NIM. 13490031 (2017) TIPE KEPEMIMPINAN DIREKTUR DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOPMA UIN SUNAN KALIJAGA (LP2KIS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TIPE KEPEMIMPINAN DIREKTUR DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOPMA UIN SUNAN KALIJAGA (LP2KIS) YOGYAKARTA)
13490031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TIPE KEPEMIMPINAN DIREKTUR DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOPMA UIN SUNAN KALIJAGA (LP2KIS) YOGYAKARTA)
13490031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Djody Puetra Utama. Tipe Kepemimpinan Direktur dalam Membangun Budaya Organisasi di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan KOPMA UIN Sunan Kalijaga (LP2KIS) Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2017. Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa dewasa ini kepemimpinan dan budaya organisasi tidak dapat terpisahkan dalam mengembangkan organisasi untuk menjadi organisasi yang mampu menghadapi tuntutan zaman termasuk dalam Lembaga Pendidikan dan Pelatihan KOPMA UIN Sunan Kalijaga (LP2KIS) Yogyakarta. LP2KIS Yogyakarta adalah lembaga kekaryaan dari KOPMA UIN Sunan Kalijaga yang kental dengan pendekatan organisasinya, yaitu kekeluargaan, spiritual, serta siap memimpin dan siap di pimpin dalam mengembangkan organisasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya direktur LP2KIS Yogyakarta dalam mengembangkan organisasi melalui budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan dan Pelatihan KOPMA UIN Sunan Kalijaga (LP2KIS) Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan trianggulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian adalah: (1) Tipe kepemimpinan direktur yang dominan adalah demokratis, partisipatif, dan karismatik; (2) upaya dalam melakukan pengembangan organisasi dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan, spiritualitas, dan kaderisasi; (3) dampak dari kepemimpinan direktur adalah adanya budaya pendelegasian, pendampingan dan kerjasama, baik dalam perencanaan maupun mengembangkan potensi. Penelitian ini menggunakan teori dari Ithai Stein yang dikutip oleh Renald Kasali menemukan organisasi LP2KIS Yogyakarta termasuk organisasi the change champions, namun dalam kenyataannya LP2KIS dapat berada dalam organisasi tipe the paralyze dan the impatient.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, LP2KIS.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2018 09:09
Last Modified: 09 Apr 2018 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum