MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PENGHAFAL ALQUR’AN (STUDI KASUS SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)

LATIFAH NUR ERSISTA, NIM. 13490037 (2017) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PENGHAFAL ALQUR’AN (STUDI KASUS SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PENGHAFAL ALQUR’AN (STUDI KASUS SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO))
13490037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PENGHAFAL ALQUR’AN (STUDI KASUS SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO))
13490037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latifah Nur Ersista. Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Penghafal Al- Qur’an (Studi Kasus SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen pendidikan berbasis penghafal Al-Qur’an di SMA. Penelitian ini membahas tentang konsep manajemen, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil dari penerapan manajemen tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen pendidikan islam yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan metode triangulasi untuk menggabungkan data yang sudah di dapatkan. Setelah itu data akan di analisis menggunakan langkah data reduction, data display, dan verification atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Penghafal Al-Qur’an di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo adalah menggunakan metode pembiasaan. Perencanaannya dilakukan melalui kegiatan IHT, pengorganisasiannya melalui penempatan orang pada setiap jabatan, penggerakannya adalah dengan melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana yang disusun saat IHT, dan pengawasannya dilakukan dengan pola sidak oleh kepala sekolah. Hasil dari penerapan manajemen tersebut adalah menghasilkan generasi penghafal Al-Qur’an, lulus dalam kurun waktu 2 tahun, mendapat predikat sekolah rujukan nasional, dan beasiswa masuk ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Imam Machali, M.Pd dan Dr. Zainal Arifin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Islam, Penghafal Al-Qur’an
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:53
Last Modified: 09 Apr 2018 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum