KEPEMIMPINAN K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DI DUSUN NGRUKEM, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL, DIY

MOH KHUDLORI ALWI, NIP. 10120057 (2018) KEPEMIMPINAN K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DI DUSUN NGRUKEM, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL, DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DI DUSUN NGRUKEM, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL, DIY)
10120057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DI DUSUN NGRUKEM, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL, DIY)
10120057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan bukan hanya dapat dipelajari dan diteliti. dalam kepemimpinan, banyak hal yang bisa ditemukan. karakter dan gaya kepemimpinan untuk meningkatkan dan memajukan prestasi lembaganya. Salah satunya adalah KH. Nawawi Abdul Aziz . Ia merupakan salah satu figur yang memiliki peran penting dalam menyebarluaskan ilmu keagamaan masyarakat Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul DIY. Dalam memimpin pondok pesantren, ia mendirikan perguruan tinggi yaitu IIQ pada tahun 2002. Di organisasi menjabat sebagai Dewan Mustasyar PWNU tingkat propinsi DI Yogyakarta, dibidang pemerintahan ia menjabat sebagai Ketua Hakim Pengadilan Bantul 1961. Selain itu, ia juga aktif menulis dan berkarya. Salah satu karyanya adalah ‘Alaikum Bissawadhi A’dzam Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif pendekatan sosiologi. adapun penyajian data peneliti lakukan melalui wawancara, dokumen, dan buku-buku yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Sebagai landasan berpikir Teori yang relevan untuk mendukung dalam skripsi ini menggunakan teori Max Weber. Dari hasil penelitian KH. Nawawi Abdul Aziz dalam mengembangkan pesantren melalui ide-ide baru dan solusi yang kreatif dari para pengikut serta mendorong mereka mempelajari dan mempraktikkan inovasi-inovasi dalam melakukan suatu pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan penjelasan secara rinci mengenai Kepemimpinan KH. Nawawi Abdul Aziz di Pondok –Pesantren An-Nur di Dusun Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon Bantul DIY. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan, khususnya kepemimpinan kyai dalam pesantren. Hasil penelitian dalam skripsi ini, Penulis menyimpulkan ada dua gaya Kepemimpinan KH. Nawawi Abdul Aziz. Pertama, Kepemimpinan karismatik; Keluwesan sikap dan kedalaman ilmunya menempatkan ia pada posisi sosok pemimpin yang dihormati, ditaati dan diikuti oleh masyarakat dan santri. Kedua, kepemimpinan legal-rasional; Kemauan dan keterbukaannya untuk mendengarkan aspirasi dari rekan dan bawahan dalam pengambilan keputusan. Motivasi dan bimbingan yang selalu ia berikan membawa perubahan yang dinamis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Soraya Adnani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: KH. Nawawi Abdul Aziz, Kepemimpinan, Pengadilan, Politik
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Apr 2018 08:24
Last Modified: 17 Apr 2018 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum