PERJALANAN BISNIS DAN DAKWAH KIAI HAJI ABDULLAH GYMNASTIAR (TAHUN 1986-2008 M)

TRI PRAHASTO SETIAWAN, NIP. 13120091 (2017) PERJALANAN BISNIS DAN DAKWAH KIAI HAJI ABDULLAH GYMNASTIAR (TAHUN 1986-2008 M). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERJALANAN BISNIS DAN DAKWAH KIAI HAJI ABDULLAH GYMNASTIAR (TAHUN 1986-2008 M))
13120091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERJALANAN BISNIS DAN DAKWAH KIAI HAJI ABDULLAH GYMNASTIAR (TAHUN 1986-2008 M))
13120091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

KH. Abdullah Gymnastiar, yang lebih akrab dikenal dengan Aa Gym dilahirkan bukan dari lingkungan pesantren. Ia pun menempuh pendidikan formal yang tidak berbasis dengan bidang keagamaan. Meskipun demikian, Aa Gym tertarik dalam bidang dakwah. Konsep dakwah yang dijalankan olehnya, yaitu Manajemen Qalbu (MQ). Manajemen Qalbu dapat berpengaruh untuk memotivasi jamaahnya dalam perbaikan akhlak melalui pembersihan dan penyucian hati. Dengan demikian, ia mampu merangkul jamaah yang ingin mendalami Islam secara praktis namun pasti. Melalui cara dakwah ini, Aa Gym mampu mengajak tidak hanya umat Islam saja, akan tetapi umat kristen juga untuk membersihkan hati dan memperbaiki diri. Sebelum terjun dalam bidang dakwah, Aa Gym telah mendalami dunia bisnis dalam bidang perdagangan. Untuk itu, penulis terdorong untuk meneliti tentang Perjalanan Bisnis dan Dakwah KH. Abdullah Gymnastiar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjalanan dakwah yang dilakukan oleh Aa Gym dengan basis bisnis, serta bertujuan untuk merekontruksi peristiwa masa lampau secara kronologis dan sistematis berdasarkan pada datadata yang diperoleh. Penulis menggunakan alat analisis berupa pendekatan biografis-ekomomis. Pendekatan biografis digunakan untuk mengungkapkan latar belakang kehidupan K.H. Abdullah Gymnastiar. Sementara itu, pendekatan ekonomis berusaha untuk menjelaskan bagaimana Aa Gym berbisnis untuk memakmurkan masyarakat sekitar. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep bisnis dan dakwah. Adapun, teori yang digunakan penulis adalah teori ekonomi modern. Teori ini digunakan untuk menjelaskan tentang kegiatan bisnis dan dakwah Aa Gym yang menggunakkan alat-alat modern dalam bisnis dan dakwahnya. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa KH. Abdullah Gymnastiar merintis dakwahnya melalui perjuangan yang gigih. Selama menyerukan dakwah, ia selalu memfokuskan pada konsep Manajemen Qalbu. Konsep tersebut merupakan seruan kepada jamaahnya untuk mengolah hati agar potensi positif yang dimiliki setiap manusia berkembang dengan baik. Dengan demikian, Aa Gym berpengaruh terhadap santri dan masyarakat sekitar Daarut Tauhiid untuk lebih menjernihkan hati dan mendekat kepada Allah. Serta, setiap dakwah yang dilakukan oleh Aa Gym mengalami perkembangan dalam bentuk aktivitas pengajian yang diiringi dengan kegiatan wirausaha. Oleh karena itu, Aa Gym berperan dalam meningkatkan ketauhidan jamaah dan ekonomi masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Badrun Alaena, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Biografi, Bisnis, dan Dakwah
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2018 14:23
Last Modified: 18 Apr 2018 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum