STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT SABILUL MUHTADIN PLUMBON

RAGIL SETYO HADI WIBOWO, NIM. 13240047 (2018) STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT SABILUL MUHTADIN PLUMBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT SABILUL MUHTADIN PLUMBON)
13240047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT SABILUL MUHTADIN PLUMBON)
13240047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ragil Setyo Hadi Wibowo (13240047), "Strategi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) BMT Sabilul Muhtadin Plumbon". Skripsi, Yogyakarta, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi keunggulan bersaing yang dilakukan KSPPS BMT Sabilul Muhtadin Plumbon dalam menigatkan jumlah anggotanya. Persaingan dalam dunia usaha sangatlah kuat, salah satunya adalah persaingan dunia usaha jasa keuangan syariah. Hal ini harus di antisipasi oleh pihak manajemen KSPPS BMT Sabilul Muhtadin agar bisa tetap berinovasi dari segi pelayanan maupun kemudahan bertransaksi untuk mengambil hati calon anggota/masyarakat dan bisa tetap dalam lingkaran persaingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji validitas data penulis menggunakan metode triangulasi teknik. Hasil yang didapatkan adalah strategi keunggulan bersaing dalam five force model yang diterapkan oleh KSPPS BMT Sabilul Muhtadin untuk menambah jumlah nasabah. KSPPS BMT Sabilul Muhtadin menerapkan strategi keunggulannya dengan cara pendekatan kepada masyarakat melalui program atau unit sosial. Selain itu KSPPS BMT Sabilul Muhtadin menerapkan strategi berupa mengajak bermitra jika ada pendatang baru di dunia penyedia jasa keuangan. Kemitraan ini diharapkan dapat membangun iklim bersaing yang sehat antara lembaga penyedia jasa keuangan yang ada. Meyakinkan serta melobi pemilik dana bahwa keuangan mereka tetap aman dan sehat serta produktif menjadi penting agar kepastian dana di BMT ini tetap tersedia. Mengenai persaingan di antara pesaing yang ada, KSPPS BMT Sabilul Muhtadin menerapkan sistem bersaing yang sehat tanpa merusak harga. Terhadap ketahanan BMT, KSPPS BMT Sailul Muhtadin menggunakan strategi berupa penggandengan dan memberikan dukungan berupa pinjaman modal kepada beberapa usaha yang dijalankan oleh masyarakat Plumbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Five Force Models, Keunggulan Bersaing, KSPPS BMT Sabilul Muhtadin
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2018 13:49
Last Modified: 19 Apr 2018 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum