MANAJEMEN ADMINISTRASI PENDAFTARAN IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017

BAHARUDDIN HARAHAP, NIM. 13240081 (2018) MANAJEMEN ADMINISTRASI PENDAFTARAN IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN ADMINISTRASI PENDAFTARAN IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017)
13240081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN ADMINISTRASI PENDAFTARAN IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017)
13240081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Baharuddin Harahap (13240081), Manajemen Administrasi Pendaftaran Ibadah Haji Oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017, skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Pendaftaran ibadah haji merupakan langkah pertama dan utama yang harus dilakukan setiap umat Islam yang hendak menunaikan pelaksanaan rukun Islam kelima ke Tanah Suci. Indonesia sebagai negara berkependudukan mayoritas beragama Islam menyebabkan semakin tingginya jumlah peminat pendaftaran ibadah haji dari masa ke masa. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama sebagai penyelenggara ibadah haji dituntut untuk dapat melaksanakan amanat Undang-undang dengan sebaik-baiknya dalam rangka pemberian pelayanan prima kepada masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan pelayanan pendaftaran ibadah haji dibutuhkan serangkaian kegiatan administrasi guna mendukung, membantu, melayani, dan mewadahi dalam proses pendaftaran ibadah haji di Kantor Kementerian Agama. Sehingga proses pendaftaran ibadah haji dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo sebagai salah satu bagian unit kerja yang menangani kegiatan penyelenggaraan ibadah haji tingkat Kabupaten harus mampu menjawab tuntutan masyarakat dalam pelayanan pendaftaran ibadah haji yang dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan setiap umat Islam yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dengan metode analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa aktivitas manajemen administrasi pendaftaran ibadah haji yang dilakukan oleh seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo berupa administrasi melalui pendekatan publik. Hal ini terlihat dengan adanya usaha penyediaan sarana keperluan masyarakat dalam rangka memudahkan masyarakat melakukan proses pendaftaran ibadah haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Administrasi, Pendaftaran Ibadah Haji
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2018 14:02
Last Modified: 19 Apr 2018 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum