PELAKSANAAN KONSELING PENDIDIKAN SEKS BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH (STUDI KASUS MA WAHID HASYIM GATEN CONDONG CATURDEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)

ABDUL RIHAN - NIM. 02221063, (2009) PELAKSANAAN KONSELING PENDIDIKAN SEKS BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH (STUDI KASUS MA WAHID HASYIM GATEN CONDONG CATURDEPOK SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KONSELING PENDIDIKAN SEKS BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH (STUDI KASUS MA WAHID HASYIM GATEN CONDONG CATURDEPOK SLEMAN YOGYAKARTA) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KONSELING PENDIDIKAN SEKS BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH (STUDI KASUS MA WAHID HASYIM GATEN CONDONG CATURDEPOK SLEMAN YOGYAKARTA) )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Dinamika kehidupan masyarakat di era globalisasi sekarang ini banyak dipengaruhi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi. Perkembanngan tersebut telah membawa dampak positif dan negatif. salah satu dampak negatif yang mengancam kehidupan manusia adalah pergaulan bebas di kalangan remaja. Hal ini dapat dilihat pada masalah sek bebas yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat sekarang. Belakangan banyak sekali pendidikan seks (sec edication) yang ditujukan pada kalangan para remaja, karena masa remaja adalah masa transisi atau lebih dikenal dengan masa pencarian diri. Madrasah Aliyah Wahid Hasyim adalah salah satu lembaga Pendidikan yang berada di Kab Sleman, diman sebagian besar siswa-siswinya adalah para yang memang dikondisikan untuk terus belajar ilmu agama dan ilmu umum sebagai bekal hidup bermasyarakat kelak. Selain dibangku sekolah, para Siswa-siswi Madrasah Aliyah juga banyak belajar dari kegiatan-kegiatan diluar sekolah, sebab pendidikan yang disampaikan di sekolah banyak brsifat akademik. Dengan adanya kegiatan-kegiatan diluar sekolah tersebut, dalam keseharianya para siswa cenderung menyerap masalah-masalah baru. Pada masa usia semacam ini para siswa cenderung ingin mengetahui segala permasalahan yang mereka serap, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu perlu kiranya ada suatu pendidikan yang tepat yang bertujuan untuk menampung, mendidik dan menyalurkan potensi para siswa secara maksimal. Siswa yang selama ini menjadi target pembelajaran nampaknya harus dijadikan bahan evaluasi menyeluruh, disamping tidak mengesampingkan peranan Guru bimbingan dan penyuluhan, dan sistim pembelajaran yang diberikan. Peran guru yang sangat strategis dalam menyampaikan/malaksanakan tujuan sistim pembelajaran harus mampu diserap dengan baik oleh siswa. Guru Bimbingan Penyuluhan (BP) juga harus kreatif dalam memberikan pemahamman dan pembelajaran kepada siswa-siswinya. Berbekal pemahamman tersebut, diharapkan mampu menjadi kontrol yang baik bagi siswa dan pada akhirnya mampu mengantarkan siswa pada tujuan pembelajarq itu sendiri. Ketertarikan penulis pada penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan konseling pendidikan seks bagi siswa Madarasah Aliyah Wahid Hasyim. Penelitian ini akan membahas 2 (Dua) pokok masalah, yaitu: 1. Bagaimana pelaksaan pendidikan konseling seks bagi para siswa di MA Wahid Hasyim? 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan konseling seks di MA Wahid Hasyim Yogyakarta?

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: PROF.DR.HM.BAHRI GAZALI, MA
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling, pendidikan seks, masa remaja
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Sep 2012 21:19
Last Modified: 29 Dec 2016 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum