HUBUNGAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS MENONTON TAYANGAN TELEVISI PADA SISWA MTS MA’ARIF CANDIMULYO MAGELANG ANGKATAN 2015

RAHMA NOVITA ALIM PUTRI, NIM. 13210048 (2017) HUBUNGAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS MENONTON TAYANGAN TELEVISI PADA SISWA MTS MA’ARIF CANDIMULYO MAGELANG ANGKATAN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS MENONTON TAYANGAN TELEVISI PADA SISWA MTS MA’ARIF CANDIMULYO MAGELANG ANGKATAN 2015)
13210048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS MENONTON TAYANGAN TELEVISI PADA SISWA MTS MA’ARIF CANDIMULYO MAGELANG ANGKATAN 2015)
13210048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Televisi masih menjadi primadona bagi anak-anak dan remaja dalam mencari informasi atau sekedar mendapat hiburan. Para pemilik stasiun televisi berlombalomba untuk menyajikan berbagai jenis tayangan yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk sekedar mencari rating ataupun tetap bisa eksis tanpa memandang siapa pemirsanya. Hal ini berpengaruh pada anak-anak dan remaja dalam memilih tayangan yang sesuai dengan umur mereka. Pemahaman literasi media sebagai dasar anak-anak dan remaja untuk bekal keselektivan dalam memilih tayangan televisi yang semakin banyak jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi media terhadap selektivitas menonton tayangan televisi bagi siswa-siswi MTs Ma’arif Candimulyo angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan teori use and gratifications dengan definisi konsep berupa tingkat pemahaman literasi media dan selektivitas menonton tayangan televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif statistik inferensial dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 75 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh di mana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis non parametric dengan rumus Spearman Rank Order Correlation atau korelasi tata jenjang menggunakan perhitungan manual. Tingkat pemahaman literasi media siswa-siswi MTs Ma’arif Candimulyo angkatan 2015 paling banyak masuk dalam kategori sedang dengan responden sebanyak 53 orang atau 69,3% dari hasil pengolahan data, kemudian untuk tingkat selektivitas menonton tayangan televisi masuk dalam kategori sedang dengan responden sebanyak 51 orang atau 68%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rho sebesar 0,397 dengan N=75 dan tingkat signifikansi yang dipilih adalah 5%. Dapat dilihat pada tabel distribusi nilai rho yang hasilya 0,364, dimana 0,3970,364 maka diperoleh adanya hubungan yang signifikan namun lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman Literasi Media, Selektivitas Menonton Tayangan Televisi.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2018 14:24
Last Modified: 23 Apr 2018 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum