FUNDRAISING DALAM KEGIATAN FILANTROPI DI YAYASAN GERAK SEDEKAH CILACAP (GSC) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi sebagian Syarat-syarat Memperoleh Gelajar Sarjana Strata I Disusun Oleh: Tusino NIM. 13250056 Pembimbing : Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si. NIP. 19770317 200604 2 001 PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2018

Tusino, NIM. 13250056 (2018) FUNDRAISING DALAM KEGIATAN FILANTROPI DI YAYASAN GERAK SEDEKAH CILACAP (GSC) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi sebagian Syarat-syarat Memperoleh Gelajar Sarjana Strata I Disusun Oleh: Tusino NIM. 13250056 Pembimbing : Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si. NIP. 19770317 200604 2 001 PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FUNDRAISING DALAM KEGIATAN FILANTROPI DI YAYASAN GERAK SEDEKAH CILACAP (GSC) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi sebagian Syarat-syarat Memperoleh Gelajar Sarjana Strata)
13250056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (FUNDRAISING DALAM KEGIATAN FILANTROPI DI YAYASAN GERAK SEDEKAH CILACAP (GSC) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi sebagian Syarat-syarat Memperoleh Gelajar Sarjana Strata)
13250056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini fokus membahas tentang Fundraising dan akuntabilitas yang ada di Gerak Sedekah Cilacap. Fundraising adalah proses mempengaruhi masyarakat baik perorangan atau instasi (lembaga) agar melakukan dana pada sebuah organisasi atau lembaga. Penelitian yang dilakukan ini didasari oleh adanya organisasi sosial yang didirikan secara onilne di facebook oleh masyarakat Cilacap yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia, untuk membantu kaum dhuafa di Cilacap. Organisasi itu adalah Gerak Sedekah Cilacap yang bergerak dalam kegiatan kemanusiaan. Karena dana Gerak Sedekah Cilacap berasal dari Tenaga Kerja Indonesia, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana cara penggalangan dana yang dilakukan oleh Gerak Sedekah Cilacap dan bagaimana akuntabilitas dan transparasi Gerak Sedekah Cilacap. Jenis penilitian yang dilakukan merupakan penilitian kualitatif atau penelitian lapangan yaitu data yang dijadikan rujukan adalah fakta-fakta yang ada dilapangan. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta mengambil subjek penelitian yaitu pengurus Gerak Sedekah Cilacap dan objek penelitian yaitu Strategi Fundraising Gerak Sedekah Cilacap. Peneliti menggunakan teori fundraising, Akuntabilitas dan Filantropi. Teknik analisa data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, fundraising yang dilakukan oleh Gerak Sedekah Cilacap terdiri dari beberapa poin yaitu tujuan dari penggalangan dana, teknik yang digunakan dalam menggalang dana dan bagaimana pengelolaan dana. Akuntabilitas dan transparasi digunakan oleh Gerak Sedekah Cilacap yaitu lebih menggunakan Horizontal Acountability atau keterbukaan dan pertanggungjawaban kepada masyarakat luas melalui akun sosial media facebook. Dan Gerak Sedekah Cilacap dalam menjalankan kegiatan filantropi menggunakan filantropi tradisional. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Fundraising, Akuntabilitas dan Transparasi, Gerak Sedekah Cilacap, Filantropi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Sep 2018 15:46
Last Modified: 06 Sep 2018 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum