AL MUHSINAT AL LAFZIYYAH FI SHI'R AL 'ALAJ BI AL TABASSUM LI AHMAD AL KASHIF (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH)

ARINI AKMILATAN NAJA, NIM. 11110128 (2017) AL MUHSINAT AL LAFZIYYAH FI SHI'R AL 'ALAJ BI AL TABASSUM LI AHMAD AL KASHIF (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL MUHSINAT AL LAFZIYYAH FI SHI'R AL 'ALAJ BI AL TABASSUM LI AHMAD AL KASHIF (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH))
11110128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (AL MUHSINAT AL LAFZIYYAH FI SHI'R AL 'ALAJ BI AL TABASSUM LI AHMAD AL KASHIF (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH))
11110128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis hendak membahas tentang puisi dengan judul Al-‘Ilaj bit Tabassum yang ada dalam kajian ilmu badi’ pada bab al-muhassinat al-lafdziyyah. Puisi Al-‘Ilaj bit Tabassum adalah puisi karya penyair arab yang bernama Ahmad al-Kashif yang berasal dari Mesir. Setelah penulis cermati langsumg dengan teliti setiap bait puisinya, penulis menemukan beberapa kata yang memiliki unsur Al-muhassinat al-lafdziyyah, dari segi kuantitas, penulis menemukan dalam setiap baris tercantum 1-2 unsur al-muhassinat allafdziyyahnya. Dari data-data yang penulis jelaskan di atas, terjadi dua pertanyaan besar, yang selanjutnya akan penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu, 1.) apa saja jenis-jenis al-muhassinat al-lafdziyyah dalam puisi al-‘Ilaj bit Tabassum?, 2.) apa tujuan almuhassinat al-lafdziyyah dalam puisi al-‘Ilaj bit Tabassum?. Al-muhassinat allafdziyyah itu sendiri adalah cara memperindah kalam yang menitikberatkan pada memperindah lafadz. Memperindah kata di sini misalnya ada kata dengan huruf yang sama, tapi berbeda susunannya, huruf qofiyah dan wazannya pada akhir bait sama sehingga menjadikan susunannya indah dibaca. Untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan, yang diawali dengan pengumpulan data dengan menggunakan kajian pustaka, pemilihan dan pencatatan data (dilakukan dengan mencari bait-bait puisi al-‘Ilaj bit Tabassum yang mengandung unsur-unsur al-muhassinat al-lafdziyyah) yang kemudian dianalisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis jenis al-muhassinat al-lafdziyyah dalam puisi tersebut dan menemukan tujuan dalam penggunaan al-muhassinat al-lafdziyyah pada puisi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: SASTRA ARAB
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2018 10:38
Last Modified: 25 Apr 2018 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum