PELAKSANAAN BIMBINGAN PRA-NIKAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KUA KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS BP4 GONDOKUSUMAN)

MUFIDATUN CHASANAH, NIM. 13220065 (2018) PELAKSANAAN BIMBINGAN PRA-NIKAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KUA KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS BP4 GONDOKUSUMAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN PRA-NIKAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KUA KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS BP4 GONDOKUSUMAN))
13220065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN PRA-NIKAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KUA KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS BP4 GONDOKUSUMAN))
13220065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah dengan melihat perkara perceraian baik cerai talak maupun cerai gugat yang masuk di Pengadilan Agama yang selalu ada dan sempat meningkat. maka dibentuklah BP4 sebagai lembaga resmi yang melaksanakan tugas penasehatan yang memberikan bimbingan untuk para calon pengantin, lokasi penelitian ini adalah BP4 Gondokusuman yang merupakan BP4 Teraktif di wilayah Kota Yogyakarta. Fokus dari penelitian ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam bimbingan pranikah sehingga penulis dapat mengetahui unsur apa saja yang terdapat dalam pelaksanaan bimbingan pranikah di BP4 Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penulisan deskriptif analisis, serta dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. subjek dari penelitian adalah kepala KUA Gondokusuman, Ketua dan Konselor BP4 Gondokusuman, dan empat pasang calon pengantin yang telah mengikuti bimbingan pranikah, sedangkan objek penelitian yaitu pelaksanaan bimbingan pranikah dalam mewujudkan keluarga sakinah di BP4 Gondokusuman Yogyakarta. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan bimbingan pranikah dalam mewujudkan keluarga sakinah di BP4 Kecamatan Gondokusuman memiliki empat unsur sebagai berikut: 1) Jam Pelajaran (JPL), 2) Materi 3) Narasumber/Penasehat, 4) Metode Bimbingan Pranikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pra-nikah, Keluarga Sakinah, BP4.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2018 09:03
Last Modified: 26 Apr 2018 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum