POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK (STUDI KASUS 2 KELUARGA PETANI DI DUSUN PANCOH DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN)

MAR’ATUS SOLIKHA, NIM. 13220106 (2018) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK (STUDI KASUS 2 KELUARGA PETANI DI DUSUN PANCOH DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK (STUDI KASUS 2 KELUARGA PETANI DI DUSUN PANCOH DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN))
13220106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK (STUDI KASUS 2 KELUARGA PETANI DI DUSUN PANCOH DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN))
13220106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kesuksesan dalam membentuk akhlak terhadap anak adalah tergantung bagaimana pola asuh yang yang diterapkan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pola asuh orang tua dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian Kulaitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan secara langsung dengan subjek yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah dua keluarga petani yaitu keluarga bapak Suharjo dan keluarga bapak Jumeno. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pola asuh keluarga Bapak Suharjo termasuk bentuk pola asuh demokratis yang membuat anak belajar menjadi lebih mandiri untuk melakukan aturan dan tugas-tugasnya sendiri. Metode pembentukan akhlak terhadap anak dalam keluarga Bapak Suharjo cenderung kepada metode pembiasaan, keteladanan, nasihat dan cerita hal ini terlihat ketika bapak suharjo mengajak anaknya sholat ketika waktu sholat tiba, mengaji setelah maghrib, menonton acara siraman rohani setiap pagi serta membelikan buku kisah Nabi dan Rosul. Sedangkan pola asuh keluarga Bapak Jumeno adalah pola asuh demokratis yang cenderung permisif membentuk anak menjadi lebih faham akan tugasnya namun pada beberapa tugas tertentu mereka mengabaikannya karena kurang adanya penekanan. Sedangkan metode pembentukan akhlak yang diterapkan yaitu dengan membentuk pembiasaan dan keteladanan kepada anak secara langsung seperti halnya mengajak dan mengingatkan anak untuk sholat, salim kepada orang yang lebih tua, silaturrahim atau mengunjungi nenek di hari libur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Anak Usia Sekolah, Pembentukan Akhlak.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2018 09:39
Last Modified: 26 Apr 2018 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum