DAMPAK SENTRA INDUSTRI KERAJINAN BLANGKON TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT KAMPUNG BUGISAN PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA

Lisa Indrawati, NIM. 14230047 (2018) DAMPAK SENTRA INDUSTRI KERAJINAN BLANGKON TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT KAMPUNG BUGISAN PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK SENTRA INDUSTRI KERAJINAN BLANGKON TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT KAMPUNG BUGISAN PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA)
14230047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK SENTRA INDUSTRI KERAJINAN BLANGKON TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT KAMPUNG BUGISAN PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA)
14230047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah munculnya sentra industri kerajinan blangkon, manajemen dan mendeskripsikan dampak sentra industri kerajinan blangkon terhadap perekonomian masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria, selain itu juga menggunakan teknik bola salju (snow balling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah munculnya sentra industri kerajinan blangkon di Kampung Bugisan berawal dari individu yang kemudian berkembang ke kelompok. Manajemen sentra industri kerajinan blangkon meliputi modal, bahan baku, produksi, dan pemasaran. Bahan baku yang digunakan adalah kain batik, kain drill, kertas karton atau kloso, benang jahit dan kain perca. Proses produksinya melalui beberapa tahap diantaranya menyiapkan bahan dan alat, membuat congkeng, mewiru, membuat blangkon atau mblangkon, dan finishing. Pemasaran kerajinan blangkon di Kampung Bugisan dilakukan dengan menjual di Pasar Beringharjo, dan dengan media online. Keberadaan usaha blangkon di Kampung Bugisan menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan, menyerap tenaga kerja, munculnya pengrajin baru, dan meningkatkan penghasilan. Sedangkan dampak negatifnya adalah menciptakan persaingan dan mengubah gaya hidup masyarakat. Kunci: Manajemen, Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Kerajinan Blangkon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aziz Muslim M. Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Kerajinan Blangkon.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Sep 2018 13:52
Last Modified: 19 Sep 2018 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum