IMPLEMENTASI PROGRAM “SANGU AKHIRAT” BAGI MASYARAKAT: Studi di Masjid Al Amin Aminah Binti Sa’if Dusun Sumber Gamol, Sleman, D.I Yogyakarta

Aweng Efendi, NIM 14230050 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM “SANGU AKHIRAT” BAGI MASYARAKAT: Studi di Masjid Al Amin Aminah Binti Sa’if Dusun Sumber Gamol, Sleman, D.I Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM “SANGU AKHIRAT” BAGI MASYARAKAT: Studi di Masjid Al Amin Aminah Binti Sa’if Dusun Sumber Gamol, Sleman, D.I Yogyakarta)
14230050_AWENG_EFENDI_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM “SANGU AKHIRAT” BAGI MASYARAKAT: Studi di Masjid Al Amin Aminah Binti Sa’if Dusun Sumber Gamol, Sleman, D.I Yogyakarta)
14230050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mesdeskripsikan salah satu program yang terdapat di masjid Al-Amin Aminah Binti Saif yakni program Sangu Akhirat, dan yang menjadi titik fokus penelitiannya adalah Proses Implementasi Program Sangu Akhirat Bagi Masyarakat di Dusun Sumber Gamol, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penulisan laporan analisis deskriptif. Subyek yang diteliti meliputi perangkat dusun, masyarakat, pengurus Masjid Al Amin Aminah Binti Sa’if Dusun Sumber Gamol Sleman Yogyakarta. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan selama masa penelitian adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi yang berhubungan dengan program Sangu Akhirat. Kemudian data yang telah di peroleh dianalisis dengan cara reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi milik Erwan Agus dan Dyah Ratih yang mengkhususkan kajian terhadap “Sangu Akhirat”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua temuan penelitian: Pertama: Tahapan Implementasi Program “Sangu Akhirat” melewati tiga tahap diantaranya ,tahapan interpretasi, tahapan pengorganisasian, dan tahapan aplikasi Kedua: Dampak program “Sangu Akhirat” di Dusun Sumber Gamol Sleman Yogyakarta diantaranya adalah: Menumbuhkan semangat gotong royong, Menumbuhkan rasa simpatik sesama anggota masyarakat, dan menumbuhkan rasa saling tolong menolong ditengah-tengah masyarakat dusun Sumber Gamol, Sleman, Yogyakarta. Kata kunci: Masyarakat, Sangu Akhirat dan Pengurus Ta’mir Masjid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mohammad Abu Suhud, M, Pd.
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Sangu Akhirat dan Pengurus Ta’mir Masjid
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Sep 2018 13:53
Last Modified: 19 Sep 2018 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum