DZIKIR RATIB AL-HADDAD DALAM MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA JAMA’AH WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA

AZIMA PRISMA VERA, NIM. 14220046 (2018) DZIKIR RATIB AL-HADDAD DALAM MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA JAMA’AH WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DZIKIR RATIB AL-HADDAD DALAM MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA JAMA’AH WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA)
14220046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40MB) | Preview
[img] Text (DZIKIR RATIB AL-HADDAD DALAM MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA JAMA’AH WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA)
14220046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Azima Prisma Vera 14220046, “Dzikir Ratib Al-Haddad dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa Jamaah Warga Emas di Yayasan Al-Jenderami Dengkil Selangor Malaysia”, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018. Latar belakang penelitian ini adalah tentang jamaah santri tua (warga emas) di yayasan Al-Jenderami Dengkil Selangor Malaysia yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan ketenangan jiwa dan berusaha membentengi diri dengan melaksanakan dzikir Ratib Al-Haddad. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan dzikir Ratib Al-Haddad dalam meningkatkan ketenangan jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah satu orang pengasuh, dua orang pengurus yayasan dan subjek penelitian ini adalah tiga orang santri tua atau warga emas yayasan Al-Jenderami. Objek penelitian ini adalah tahap-tahap pelaksanaan dzikir Ratib Al-Haddad dalam meningkatkan ketenangan jiwa yang dilakukan oleh warga emas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap dzikir Ratib Al-Haddad dalam meningkatkan ketenangan jiwa warga emas di yayasan Al-Jenderami Dengkil Selangor Malaysia berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan dzikir Ratib Al-Haddad, kemudian ditutup dengan tahap pengakhiran yang dilakukan dengan bertafakur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Dzikir Ratibul Haddad, Ketenangan Jiwa, Warga Emas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2018 13:26
Last Modified: 27 Jul 2018 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum