LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMANTAPAN PILIHAN JURUSAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

ANNISAA’ SEPTISARI NURROHMAH, NIM. 14220052 (2018) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMANTAPAN PILIHAN JURUSAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMANTAPAN PILIHAN JURUSAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
14220052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMANTAPAN PILIHAN JURUSAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
14220052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah setelah memperhatikan banyak siswa kelas XII di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang masih bingung dalam menentukan pilihan jurusan yang akan mereka pilih untuk mendaftar seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam memantapkan pilihan jurusan ke perguruan tinggi agar sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa kelas XII tahun ajaran 2017/2018 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitiannya yaitu seorang guru bimbingan dan konseling dan empat siswa dari masing-masing kelas XII. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling dalam pemantapan pilihan jurusan ke perguruan tinggi siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, yaitu: Pertama, layanan informasi mengenai jurusan-jurusan ke perguruan tinggi. Kedua, layanan penempatan dan penyaluran yang berisi tentang pengarahan sesuai dengan hasil tes kemampuan diri. Ketiga, layanan konseling perorangan yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling secara tatap muka saat siswa membutuhkan solusi atas permasalahannya memilih jurusan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S. Psi., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan dan Konseling, Pemantapan Pilihan Jurusan ke Perguruan Tinggi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2018 13:45
Last Modified: 27 Jul 2018 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum