SHALAT BERJAMA’AH DALAM MENGURANGI EMPTY NEST SYNDROME PADA LANSIA DI YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA

MUNA INAS MABRUROH, NIM. 14220076 (2018) SHALAT BERJAMA’AH DALAM MENGURANGI EMPTY NEST SYNDROME PADA LANSIA DI YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SHALAT BERJAMA’AH DALAM MENGURANGI EMPTY NEST SYNDROME PADA LANSIA DI YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA)
14220076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SHALAT BERJAMA’AH DALAM MENGURANGI EMPTY NEST SYNDROME PADA LANSIA DI YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA)
14220076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasannya lansia yang sudah tidak lagi tinggal bersama dengan anak-anaknya sebab menikah dan atau bekerja, akan cenderung mengalami empty nest syndrome yang dapat mengakibatkan perasaan sunyi/kesepian dalam kesehariannya. Sehingga adanya suatu kegiatan rutin seperti kegiatan keagamaan shalat berjama’ah yang dilakukan oleh lansia dapat mengurangi rasa kesepian yang dialami tersebut. Apalagi kesadaran akan religiusitas pada lansia juga cenderung lebih meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif dengan subyek pengurus yayasan dan tiga lansia wanita yang tinggal di Yayasan Al-Jenderami Selangor Malaysia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Dan analisis yang digunakan yaitu reduksi data, display/penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamalan shalat berjama’ah dapat mengurangi empty nest syndrome pada lansia di Yayasan Al-Jenderami Selangor Malaysia meliputi empat komponen, yaitu membina hubungan positif dengan orang lain dan mendapat dukungan emosional dari orang-orang terdekat, mengisi waktu luang yang tersedia dengan melakukan pelbagai kegiatan bermakna, menjalin kebersamaan dengan kelompok/komunitas yang diikuti, menjalin kebersamaan dan keharmonisan dengan keluarga anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHSIN KALIDA, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Shalat berjama’ah, empty nest syndrome, lansia.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2018 14:44
Last Modified: 26 Apr 2018 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum