ANALISIS PENGUJIAN FAKTOR FUNCTIONALITY, USABILITY DAN PORTABILITY SISTEM ASPIRASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BERDASARKAN ISO 9126

Moh.Taufik, 13651075 (2018) ANALISIS PENGUJIAN FAKTOR FUNCTIONALITY, USABILITY DAN PORTABILITY SISTEM ASPIRASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BERDASARKAN ISO 9126. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGUJIAN FAKTOR FUNCTIONALITY, USABILITY DAN PORTABILITY SISTEM ASPIRASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BERDASARKAN ISO 9126)
13651075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGUJIAN FAKTOR FUNCTIONALITY, USABILITY DAN PORTABILITY SISTEM ASPIRASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BERDASARKAN ISO 9126)
13651075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sistem aspirasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan sistem yang baru dikembangkan, sebelumnya belum pernah dilakukan pengujian maka sangat penting untuk dilakukannya pengujian pada sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem aspirasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, apakah sistem aspirasi tersebut sudah memiliki standar kualitas yang baik berdasarkan ISO 9126. Metode yang digunakan untuk pengukuran kualitas sistem aspirasi UIN Sunan Kalijaga adalah ISO 9126, ada 6 karakteristik yang dimiliki ISO 9126 yaitu functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability dan portability, tapi pada penelitian ini hanya akan difokuskan pada karakteristik functionality, usability dan portability. Pemilihan karakteristik untuk pengujian perangkat lunak ini dilihat dari dua sisi yang berbeda, namun saling terkait secara tidak langsung, yaitu adalah pengembang dan pengguna, dari sisi pengembang yang di uji adalah kemampuan perangkat lunak menyediakan serangkaian fungsi yang dibutuhkan dan bagaimana portabilitas perangkat tersebut, sedangkan dari sisi pengguna yang di uji adalah bagaimana tanggapan pengguna setelah menggunakan sistem aspirasi tersebut. Setelah dilakukan analisis pada sistem aspirasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki hasil pengujian 95,39% untuk karakteristik functionality, 72,31% untuk karakteristik usability, 100% untuk karakteristik portability. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem aspirasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki kualitas perangkat lunak yang baik berdasarkan ISO 9126.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Sistem aspirasi, ISO 9126, Kualitas Perangkat Lunak.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jul 2018 08:50
Last Modified: 31 Jul 2018 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum