ANALISIS KEDUDUKAN I’RAB KALIMAT BAHASA ARAB PADA KITAB AL – IMRITHI MENGGUNAKAN ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH (BFS)

Risalatul Muawanah, NIM. 14650014 (2018) ANALISIS KEDUDUKAN I’RAB KALIMAT BAHASA ARAB PADA KITAB AL – IMRITHI MENGGUNAKAN ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH (BFS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEDUDUKAN I’RAB KALIMAT BAHASA ARAB PADA KITAB AL – IMRITHI MENGGUNAKAN ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH (BFS))
14650014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEDUDUKAN I’RAB KALIMAT BAHASA ARAB PADA KITAB AL – IMRITHI MENGGUNAKAN ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH (BFS))
14650014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Al – Qur’an dan Hadist merupakan sumber pedoman hidup umat muslim, begitu juga kitab – kitab ulama sebagai pendukungnya. Sturuktur isinya yang rata - rata menggunakan bahasa Arab, maka mempelajari bahasa Arab sangat dianjurkan dalam agama islam. Kesulitan memahami struktur bahasa Arab terletak dalam menganalisis I’rob nya. Kesalahan dalam menentukan harakat sering kali terjadi, sehingga akan mempengaruhi arti dan juga maknanya. Untuk mengatasi hal ini ilmu nahwu digunakan untuk membantu menentukan identitas kedudukan I’rob dan juga kedudukan harakatnya. Al- Imrithi salah satu kitab tingkat menengah ke atas yang mempelajari ilmu nahwu dalam menentukan identitas I’rob secara baik. Berdasarkan latar belakang tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk membangun sistem dalam menentukan kedudukan I’rob yang terdiri dari bentuk, kategori, I’rob dan kedudukan kalimah dengan mengimplementasikan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) khususnya dengan metode pencarian Breadth First Search yang diharapkan mampu mempresentasikan kaidah – kaidah dalam ilmu nahwu kedalam bahasa pemrograman. Mengacu pada hasil pengujian yang peneliti lakukan dengan 50 sampel kalimat sederhana menghasilkan 90 % sistem ini mampu berjalan dengan baik. Serta hasil kuisioner pengujian kegunaan dari 35 responden menyatakan 41,0% sangat setuju, 44,5% setuju dan 14,3% memilih netral bahwa sistem ini dapat membantu mempelajari ilmu nahwu dalam menganalisis kedudukan I’rob pada kalimat bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aulia Faqih Rifa’I, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Al – Imrithi, Breadth First Search, Bahasa Arab, Analisis I’rob
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jul 2018 08:50
Last Modified: 22 Nov 2018 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum