Enggal Rizki W., 11680003 (2018) Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015)
11680003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
Text (Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015)
11680003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26% menjadi 52,9% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7% menjadi 38, 23% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7% menjadi 55, 88% , d) aktif melakukan percobaan dari 0% menjadi 82% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7% menjadi 41, 17%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Widodo |
Uncontrolled Keywords: | model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 08:54 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 08:54 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30211 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |