ENSIKLOPEDI AL-QUR’AN: TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEP-KONSEP KUNCI (Telaah Terhadap Kesinambungan Kata-Kata Kunci Dalam Ensiklopedi Al- Qur’an Karya Dawam Raharjo)

ULFA MUNIFAH, NIM. 1420511010 (2017) ENSIKLOPEDI AL-QUR’AN: TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEP-KONSEP KUNCI (Telaah Terhadap Kesinambungan Kata-Kata Kunci Dalam Ensiklopedi Al- Qur’an Karya Dawam Raharjo). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ENSIKLOPEDI AL-QUR’AN: TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEP-KONSEP KUNCI (Telaah Terhadap Kesinambungan Kata-Kata Kunci Dalam Ensiklopedi Al- Qur’an Karya Dawam Raharjo))
1420511010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ENSIKLOPEDI AL-QUR’AN: TAFSIR SOSIAL BERDASARKAN KONSEP-KONSEP KUNCI (Telaah Terhadap Kesinambungan Kata-Kata Kunci Dalam Ensiklopedi Al- Qur’an Karya Dawam Raharjo))
1420511010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Muhammad Dawam Rahardjo adalah salah satu mufasir era kontemporer yang memberikan kontribusi terhadap Ulumul Qur’an. Karyanya berjudul Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Social Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, yang terdiri dari dua dimensi yaitu, dimensi spiritual-keagamaan dan sosial-keagamaan. Pembahasan dan isi dari tema-temanya terbilang unik, karena antara satu tema dengan tema yang lain saling berkesinambungan. Inilah yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti kesinambungan antar konsep kunci dalam Ensiklopedi Dawam Rahardjo. Untuk itu kajian ini menfokuskan pada tolok ukur Dawam dalam menulis tema-tema tersebut, metode dan sistematika, serta bagaimana konsep kesinambungan yang dibangun dalam Ensiklopedinya, dengan tujuan mendeskripsikan tolok ukur Dawam, mendeskripsikan metode dan sistematika dalam Ensiklopedinya, serta mendeskripsikan kesinambungan konsep kunci dalam Ensiklopedinya. Berangkat dari kesinambungan antar konsep kunci dalam Ensiklopedi Dawam Rahardjo, penulis tergugah untuk mengungkap kesinambungan antar konsep kunci dalam Ensiklopedi Dawam Rahardjo. Kesinambungan konsep kunci dalam Ensiklopedi Dawam Rahardjo tersebut memiliki keunikan, karena di setiap penghujung atau akhir pembahasan tema Dawam Rahardjo selalu memberikan penutup yang berisi kata pengantar untuk tema selanjutnya dan memberi gambaran tentang tema selanjutnya. Tolok ukur dari pemilihan tema-tema (konsep kunci) diantaranya: pertama, tema-tema yang dipilih Dawam memiliki kandungan nilai yang penting dan bermanfaat di masyarakat. Kedua, tema-tema al-Qur’an tersebut merupakan istilah-istilah dalam al-Qur’an yang padat makna. Ketiga, tema-tema tersebut merupakan tema kunci atau sentral yang familiar yang mudah diingat di kalangan masyarakat. Sedangkan untuk mengetahui kesinambungan antar tema (konsep kunci) dalam Ensiklopedinya penulis menggunakan beberapa langkah: pertama, mendeskripsikan tema-tema atau istilah kunci Dawam rahardjo dalam Ensiklopedinya. Kedua, membuat tabel untuk memetakan kesinambungan antar konsep kunci (istilah kunci) dalam Ensiklopedi Dawam Rahardjo. Ketiga, menyimpulkan kesinamungan antar konsep kunci. Dari langkah-langkah tersebut menurut penulis, kesinambungan antar konsep kunci atau tema dalam Ensiklopedi Al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci , tidak parsial. Keseluruhan tema yang dibahas memiliki hubungan, seperti; pembahasan konsep kunci “fit}rah” diletakkan pada awal pembahasan. Tema selanjutnya membahas konsep kunci “h}ani>f” dan begitu seterusnya. Hal tersebut hanya metodologinya Dawam Rahardjo saja dalam tata letak konsep-konsep kunci atau tema dalam Ensiklopedinya. Adapun kesinambungan yang ada dalam Ensiklopedi Dawam Rahardjo berbeda dengan muna>sabah yang ada dalam Ulumul Qur’an, karena Dawam dalam Ensiklopedinya tidak menyinggung masalah muna>sabah, kesinambungan Dawam adalah adanya hubungan atau keterkaitan antar tema yang ia bahas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: ensiklopedi, tafsir, Al-Qur'an, sosial
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:59
Last Modified: 07 Aug 2018 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum