Pengembangan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Kawasan Lembah Ngingrong Wonosari Gunungkidul Materi Ekosistem untuk Kelas X SMA/MA

Sriwidati Dwi Tyaskanti, 13680001 (2017) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Kawasan Lembah Ngingrong Wonosari Gunungkidul Materi Ekosistem untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Kawasan Lembah Ngingrong Wonosari Gunungkidul Materi Ekosistem untuk Kelas X SMA/MA)
13680001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Kawasan Lembah Ngingrong Wonosari Gunungkidul Materi Ekosistem untuk Kelas X SMA/MA)
13680001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kawasan karst merupakan daerah yang memiliki bentang alam yang khas dan potensi lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran ekosistem. Salah satu kawasan tersebut yaitu ekosistem kawasan lembah Ngingrong Desa Mulo Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati dan ekosistem yang ada di kawasan lembah Ngingrong serta mengenalkan potensi lokal kawasan lembah Ngingrong dalam bentuk bahan ajar modul. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu penelitian lapangan di kawasan lembah Ngingrong. Tahap kedua yaitu penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi, dan siswa kelas X SMA N 1 Karangmojo. Hasil penelitian lapangan menunjukkan komponen-komponen yang ada di dalam ekosistem kawasan Lembah Ngingrong antaralain vegetasi tumbuhan (pohon, perdu, semak & herba, rumput, dan vegetasi di zona terang mulut gua) dan hewan-hewan antaralain serangga penyerbuk, capung, Orthoptera dan Hemiptera, Herpetofauna, burung, dan fauna gua. Hasil penelitian lapangan tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi penelitian pengembangan. Adapun produk yang dihasilkan berupa modul biologi ekosistem Lembah Ngingrong. Kualitas modul menurut ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan respon siswa berturut-turut adalah 87,83%; 89,1%; 91,18%; 95,9% dan 90,13%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, modul biologi ekosistem lembah Ngingrong berbasis potensi lokal layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Ekosistem karst, Ekosistem, Lembah Ngingrong, Bahan Ajar, Modul biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Sep 2018 11:31
Last Modified: 24 Sep 2018 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum