PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN BERBALIK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Gendis Ajeng Puji Lestari, 13680019 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN BERBALIK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN BERBALIK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13680019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN BERBALIK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13680019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta T.A 2017/2018 (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap minat belajar biologi siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIA (kelas eksperimen) dan kelas X IIS (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Analisis data hasil belajar menggunakan One Way Anova, sedangkan untuk minat belajar menggunakan uji Mann Whitney U. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,013 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap minat belajar biologi siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,034 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2018 15:52
Last Modified: 25 Sep 2018 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum