PENERAPAN MODEL PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) DENGAN MEDIA EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP TAMAN DEWASA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

RIZKY TIKA PRATIWI, 13680022 (2017) PENERAPAN MODEL PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) DENGAN MEDIA EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP TAMAN DEWASA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) DENGAN MEDIA EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP TAMAN DEWASA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13680022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) DENGAN MEDIA EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP TAMAN DEWASA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13680022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi materi pokok sistem organisasi kehidupan pada siswa kelas VII E di SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta dengan model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dengan media education games. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam tiga siklus, tindakan siklus I menggunakan model direct instruction, tindakan siklus II menggunakan model PAKEM, dan tindakan siklus III menggunakan model PAKEM dengan media education games. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, foto, dan catatan lapangan. Data dianalisa secara kualitatif dengan metode deskriptif dan secara kuantitatif dengan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PAKEM dengan media education games terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dapat diketahui melalui persentase hasil lembar angket motivasi belajar siswa pada setiap siklus yaitu siklus I sebesar 65,76%, siklus II sebesar 68,24%, siklus III sebesar 81,41%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil pre-test dan post-test yaitu siklus I sebesar 53,1 dan 67,7, siklus II sebesar 70,2 dan 79,2, kemudian pada siklus III sebesar 71,75 dan 82 sehingga diperoleh nilai effect size I sebesar 0,7 (efek sedang) dan nilai effect size II sebesar 0,3 (efek sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PAKEM dengan media education games dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII di SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, model PAKEM, media education games
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:04
Last Modified: 26 Sep 2018 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum