PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BERBASIS POTENSI LOKAL GUMUK PASIR PANTAI SELATAN BANTUL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA

Nugroho Mulyanto, NIM. 13680034 (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BERBASIS POTENSI LOKAL GUMUK PASIR PANTAI SELATAN BANTUL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BERBASIS POTENSI LOKAL GUMUK PASIR PANTAI SELATAN BANTUL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA)
13680034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BERBASIS POTENSI LOKAL GUMUK PASIR PANTAI SELATAN BANTUL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA)
13680034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen gumuk pasir serta interaksinya, menghasilkan buku ajar biologi materi ekosistem berbasis potensi lokal gumuk pasir pantai selatan Bantul untuk peserta didik SMA/MA kelas X menggunakan model pengembangan prosedural, dan mengetahui kualitas buku ajar biologi materi ekosistem berbasis potensi lokal gumuk pasir pantai selatan Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian research and development dengan prosedur pengembangan ADDIE. Penelitian ini didasarkan pada dua tahapan yaitu pada tahap pertama adalah penelitian ekologi dan sosial-ekonomi masyarakat dan pada tahap kedua adalah tahapa pengembangan buku ajar. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa kawasan gumuk pasir memiliki komponen penyusun ekosistem yag beragam. Kondisi sosial ekonomi Desa Gadingsari, Sanden dan Desa Parangtritis, Kretek sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai petani sehingga pemanfaatan lahan pasir sangat berpotensi untuk menjadi lahan pertanian/perkebunan. Setelah dilakukan penilaian dan pengujian secara terbatas di SMA N 1 Kretek dan MA N 2 Bantul, buku ajar biologi materi ekosistem gumuk pasir pantai selatan Bantul layak untuk digunakan. Hal ini berdasarkan hasil yang diperoleh dari penilaian 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan 20 peserta didik. Secara urut hasil penilaiannya ahli materi 90,00% (Sangat Baik), Ahli Media 96,36% (Sangat Baik), peer reviewer 92, 69% (Sangat Baik), guru biologi 89,10% (Sangat Baik), dan peserta didik 91,50% (Sangat Setuju). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk Buku Ajar Biologi Materi Pokok Ekosistem yang telah dikembangkan dengan model ADDIE layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk peserta didik kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M.A.,M.IWM
Uncontrolled Keywords: Gumuk pasir, buku ajar, potensi lokal, ekosistem
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2018 13:32
Last Modified: 27 Sep 2018 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum