VIDEO PEMERIKSAAN HITUNG JENIS LEUKOSIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Diah Putri Pancasani, NIM. 13680036 (2018) VIDEO PEMERIKSAAN HITUNG JENIS LEUKOSIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (VIDEO PEMERIKSAAN HITUNG JENIS LEUKOSIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI)
13680036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (VIDEO PEMERIKSAAN HITUNG JENIS LEUKOSIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI)
13680036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pemeriksaan hitung jenis leukosit untuk mengetahui kondisi fisiologis seseorang (2) mengembangkan video pemeriksaan hitung jenis leukosit sebagai media pembelajaran biologi (3) mengetahui kualitas video pemeriksaan hitung jenis leukosit. Pemeriksaan hitung jenis leukosit diawali dengan membuat preparat apusan darah dengan metode Two Slide / wedge dan pewarnaan Giemsa. Preparat apusan darah diamati di bawah mikroskop kemudian dihitung jumlah dari masing-masing jenis leukosit pada kelima sampel darah yang diuji. Hasil sampel darah A dan C mengalami neutropenia, eosinofilia, dan monositosis. Sampel darah B mengalami neutropenia, eosinofilia, basofilia dan monositosis. Sampel darah D mengalami neutropenia, limfositosis, dan monositosis. Sampel darah E mengalami eosinofilia dan basofilia. Kegiatan pemeriksaan hitung jenis leukosit kemudian dibuat media pembelajaran berupa video yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Sony Vegas Pro 10.0. Hasil Uji Respon siswa terhadap produk mendapat kategori baik dengan persentase 67%. Uji keterbacaan mendapat nilai sangat baik dari ahli materi (89%), ahli media (93%), peer reviewer (92%), dan guru biologi (98%). Secara keseluruhan, video pemeriksaan hitung jenis leukosit berkualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pemeriksaan hitung jenis leukosit untuk mengetahui kondisi fisiologis seseorang (2) mengembangkan video pemeriksaan hitung jenis leukosit sebagai media pembelajaran biologi (3) mengetahui kualitas video pemeriksaan hitung jenis leukosit. Pemeriksaan hitung jenis leukosit diawali dengan membuat preparat apusan darah dengan metode Two Slide / wedge dan pewarnaan Giemsa. Preparat apusan darah diamati di bawah mikroskop kemudian dihitung jumlah dari masing-masing jenis leukosit pada kelima sampel darah yang diuji. Hasil sampel darah A dan C mengalami neutropenia, eosinofilia, dan monositosis. Sampel darah B mengalami neutropenia, eosinofilia, basofilia dan monositosis. Sampel darah D mengalami neutropenia, limfositosis, dan monositosis. Sampel darah E mengalami eosinofilia dan basofilia. Kegiatan pemeriksaan hitung jenis leukosit kemudian dibuat media pembelajaran berupa video yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Sony Vegas Pro 10.0. Hasil Uji Respon siswa terhadap produk mendapat kategori baik dengan persentase 67%. Uji keterbacaan mendapat nilai sangat baik dari ahli materi (89%), ahli media (93%), peer reviewer (92%), dan guru biologi (98%). Secara keseluruhan, video pemeriksaan hitung jenis leukosit berkualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2018 13:33
Last Modified: 27 Sep 2018 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum