PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Isti Nurlaili Fauziah, NIM. 13680046 (2018) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
13680046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
13680046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya kegiatan praktikum dalam pembelajaran biologi di sekolah dan ketersediaan bahan ajar berupa panduan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara menumbuhkan dan mengidentifikasi koloni dan bentuk sel bakteri, 2) mengembangkan panduan praktikum biologi ilustratif pegangan guru dan pegangan siswa materi pokok Archaebacteria dan Eubacteria, dan 3) mengetahui kualitas panduan praktikum biologi ilustratif sehingga layak digunakan untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu penelitian mikrobiologi dan pengembangan panduan praktikum biologi ilustratif. Penelitian mikrobiologi menggunakan metode eksperimen. Pengembangan panduan praktikum biologi ilustratif menggunakan model ADDIE meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penilaian produk yang digunakan berupa lembar angket. Kualitas produk dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 3 peer reviewer. Uji coba terbatas dilakukan pada 2 guru biologi dan 10 siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta dan MAN 4 Bantul. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sehingga diketahui kualitas panduan praktikum biologi ilustratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri dapat tumbuh dalam medium buatan. Identifikasi koloni dilakukan melalui pengamatan pada cawan petri, sedangkan identifikasi bentuk selnya dapat dilakukan melalui pewarnaan sederhana. Produk yang dihasilkan adalah panduan praktikum biologi ilustratif pegangan guru dan pegangan siswa materi pokok Archaebacteria dan Eubacteria. Panduan praktikum pegangan guru dan pegangan siswa memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 87,33% dan 87,66% berdasarkan penilaian para ahli dan peer reviewer. Selain itu, respon guru dan siswa sangat baik terhadap produk panduan praktikum biologi ilustratif dengan persentase keidealan sebesar 94% dan 87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum biologi ilustratif materi pokok Archaebacteria dan Eubacteria layak digunakan sebagai bahan ajar biologi bagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum Biologi Ilustratif, Archaebacteria dan Eubacteria.
Subjects: Pendidikan Biologi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2018 13:33
Last Modified: 27 Sep 2018 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum