PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAMDAM JI CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

DESI NAURIN NISAK, 13670055 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAMDAM JI CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAMDAM JI CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA)
13670055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAMDAM JI CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA)
13670055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Damdam Ji Chemistry bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Damdam Ji Chemistry pada materi koloid untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Selain itu, mengetahui kualitas media pembelajaran Damdam Ji Chemistry pada materi koloid untuk peserta didik SMA/MA kelas XI berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru kimia SMA/MA, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Damdam Ji Chemistry pada materi koloid untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi 4 tahap yakni: (1) Define (definisi), (2) Design (desain), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebarluasan), tanpa disseminate. Produk media pembelajaran Damdam Ji Chemistry pada materi koloid ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, tiga reviewer (guru kimia) dan direspon sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kualitas produk berupa skala lima yang terdiri dari enam aspek. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon peserta didik berupa lembar angket skala guttman yang terdiri dari enam aspek. Hasil penelitian berupa media pembelajaran Damdam Ji Chemistry dengan karakteristik: 1) media cetak berupa papan berukuran 40cm x 50cm, 2) dilengkapi dengan peraturan permainan, kartu soal, kartu bonus, dan buku petunjuk permainan, 3) berisi materi pembelajaran kimia sistem koloid, 4) dikembangkan dengan melakukan inovasi gabungan antara permainan tradisional dengan materi pembelajaran kimia. Penilaian kualitas media pembelajaran Damdam Ji Chemistry oleh ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik berturut-turut dengan persentase keidealan 93%, 93%, 96,91%, dan 93,2% dengan kategori keseluruhan Sangat Baik (SB). Dengan demikian media pembelajaran Damdam Ji Chemistry ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Damdam Ji Chemistry, Koloid.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 10:47
Last Modified: 26 Jul 2018 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum