MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI

PUJIANTO, NIM: 14.204.100.68 (2017) MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI)
1420410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI)
1420410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan periodisasi pengembangan pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Islam Mathali’ul Falah, mengetahui model pengembangan pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Islam Mathali’ul Falah, mengetahui faktor yang mempengaruhi pengembangan pembelajaran bahasa Arab serta mengetahui dampak dari pengembangan pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Islam Mathali’ul Falah terhadap kemampuan bahasa Arab peserta didiknya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan melakukan penelitian di Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan historis filosofis. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep pengembangan bahasa Arab bisa dilihat dari aspek kepemimpinan yang ada di PIM. Perguruan Islam Mathali’ul Falah telah mengalami beberapa periodesasi kepemimpinan yang diwariskan turun temurun dari generasi kegenerasi berikutnya. Konsep dasar yang dibangun oleh para pendiri PIM dengan visinya tafaqquh fiddin sampai saat ini tetap dipertahankan dengan ciri khas pesantren tradisional. (2) model yang diterapkan di Perguruan Islam Mathali’ul Falah adalah pesantren tradisional dengan konsep visi tafaqquh fiddin. Selain itu Perguruan Islam Mathali’ul Falah juga tetap mempertimbangkan kemajuan tekhnologi sebagai upaya mengembangkan terobosan-terobosan baru dengan tetap konsisten berpegang teguh pada tradisi kepesantrenan. (3) Beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan pembelajaran bahasa Arab, yakni kurikulum, kompetensi guru, metode yang digunakan, bahan ajar, kegiatan penunjang, dan evaluasi belajar. (4) Dalam kaitannya dengan dampak atau keberhasilan pengembangan pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Islam Mathali’ul Falah dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yakni dampak akademik dan dampak non akademik. Di bidang akademik, dampak pembelajaran bahasa Arab dapat dilihat dari nilai akademik para peserta didik serta keaktifan mereka di bidang bahasa Arab. Untuk menentukan keberhasilan pembelajaran bahasa Arab adalah dengan mengadakan tes tahriri (tertulis) dan syafawi (lisan) di akhir tahun pelajaran dan menentukan siapa saja yang mendapatkan predikat mumtaz (excellent) perkelas untuk kemudian diadu lagi antar viii kelas di setiap jenjangnya (ibtida’iyyah, tsanawiyah, dan aliyah) untuk mendapatkan juara umum atau yang di Perguruan Islam Mathali’ul Falah dikenal dengan istilah mutafawwiq/mutafawwiqah. Adapun dampak non akademik dari pembelajaran bahasa Arab di PIM antara lain adalah banyaknya peserta didik yang keluar sebagai juara dalam perlombaan-perlombaan kebahasa Araban, seperti lomba pidato, debat, membaca kitab kuning, dan sebagainya. Hal ini merupakan dampak positif dari resepsi peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Arab di madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.A
Uncontrolled Keywords: Model, Pengembangan, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:17
Last Modified: 26 Jul 2018 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum