PENGARUH ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

BINTI MUNAWAROH, NIM. 1420411154 (2017) PENGARUH ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO)
1420411154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO)
1420411154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang pendidikan merupakan salah satu tolak ukur guru dapat dikatakan profesional atau tidak, semakin tinggi latar belakang pendidikan maka diharapkan semakin tinggi pula tingkat profesionalismenya, karena latar belakang pendidikan akan menentukan kepribadian seseorang, termasuk dalam hal ini pola fikir dan wawasannya, faktor-faktor inilah yang akan banyak mempengaruhi profesionalisme mengajar seorang guru. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan dua jenis metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua, metode kuantitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Sampel penelitian diambil dengan teknik proposive sampling. Ukuran sampel sebanyak 30 orang guru yang dibagi menjadi 16 orang guru yang berpendidikan sarjana pendidikan (S.Pd.I) dan 14 guru yang belum berpendidikan sarjana pendidikan. Pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini bahwa: Pertama, latar belakang pendidikan guru Madrasah Aliyah Darul Huda mayoritas telah memenuhi kualifikasi akademik, namun masih ada sebagian guru yang belum sesuai antara kualifikasi akademik dengan mata pelajaran yang diajarkan. Kedua, Pengalaman mengajar guru di Madrasah Aliyah Darul Huda memiliki pengalaman mengajar yang sangat baik, pengalaman tersebut dapat digunakan untuk mengoreksi dan memperbaiki proses belajar mengajar guru. ketiga, Profesionalisme guru, jika dilihat dari kualifikasi akademik dari 30 guru yang penulis teliti bahwa 69% guru telah memperoleh gelar Sarjana Starta (SI) bahkan sudah ada beberapa guru yang telah memperoleh gelar Sarjana Starta 2 (S2). Namun dari 30 guru yang penulis teliti ada 14 guru yang masih mismatich jika dilihat dari kualifikasi akademik dengan materi yang diampunya. Namun guru yang mismatich ini tidak bisa dikatakan belum profesional, jika melihat dari masa kerja yang telah mereka lalui guru di Madrasah Aliyah Darul Huda sudah sangat menguasai materi yang disampaikan kepada para siswa. Keempat, Pengaruh Antara Latar Belakang Pendidikan Guru dan pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Darul Huda, Berdasarkan output pada Software SPSS 16.0, berikut hasil uji regresi linier berganda bahwa nilai sig. Sebesar 0,026 < 0,050 maka Ho ditolak dan HI diterima. Artinya ada pengaruh positif antara latar belakang dan pengalaman mengajar guru terhadap profesionalisme guru secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.A
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, profesionalisme Guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:39
Last Modified: 31 Oct 2018 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum