SEKOLAH IBU: MENDIDIK IBU BISA MENJADI SERBA BISA (STUDI SEKOLAH UMMU MUHAMMAD DESA WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL DIY)

MA’RIFATUL WASITOH, NIM. 1420411185 (2017) SEKOLAH IBU: MENDIDIK IBU BISA MENJADI SERBA BISA (STUDI SEKOLAH UMMU MUHAMMAD DESA WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL DIY). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SEKOLAH IBU: MENDIDIK IBU BISA MENJADI SERBA BISA (STUDI SEKOLAH UMMU MUHAMMAD DESA WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL DIY))
1420411185_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SEKOLAH IBU: MENDIDIK IBU BISA MENJADI SERBA BISA (STUDI SEKOLAH UMMU MUHAMMAD DESA WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL DIY))
1420411185_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kaum perempuan memiliki peran yang multi dimensional, sebagai istri sekaligus sebagai ibu, mencurahkan perhatian keluarga dan masyarakat. Seorang perempuan menjalankan peran ibu dalam setiap kegiatannya harus memiliki ilmu yang tidak cukup hanya mampu membaca dan menulis yang sekedar dapat mendidik anak-anak pada awal kehidupan. maka pendidikan dan pengajaran bagi perempuan penting sehingga kebutuhan orang terhadap seorang ibu dalam kesehariannya yang terkait dengan peran orangtua maupun rumah tangga dan masyarakat terpenuhi. Sekolah Ibu adalah lembaga pendidikan nonformal di lingkungan salaf, dirancang khusus untuk pengajaran ibu, pengembangan keterampilan perempuan sebagai seorang ibu, sehingga ibu dapat melaksanakan tugas dengan baik di tempat manusia mengawali kehidupannya yaitu di lingkungan keluarga. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: apa konsep dasar dari pendidikan Sekolah Ibu, bagaimana peran Sekolah Ibu mendidik ibu menjadi serba bisa. Jenis penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori belajar andragogi Malcolm Knowles. Konsep andragogi Malcolm Knowles adalah membantu orang dewasa belajar yang terdapat dalam empat asumsinya yaitu konsep diri, pengalaman, kesiapan untuk belajar, dan orientasi kegiatan belajar. Dan dianalisis juga dengan menggunakan pendidikan perempuan menurut Muhammad Athiyah al-Abrasyi dalam salah satu teorinya dasar persamaan pendidikan yaitu persamaan dalam perspektif Gender, dan Ibu sebagai pusat pendidikan. Hasil penelitian ini adalah: pertama, Konsep dasar pendidikan SI adalah dasar pendidikan Islam yaitu al-Qur‟an dan as-Sunnah yang bertujuan untuk membimbing para perempuan muslim agar menjalankan ajaran Islam dalam melaksanakan aktivitas termasuk dalam urusan rumah tangga dan pendidikan anak. Kedua, SI mendidik ibu menjadi serba bisa dalam tiga hal; ibu dalam dirinya sendiri yaitu terhadap tubuh, jiwa, rohani dan menjadi ibu terampil. Ibu dalam keluarga yaitu terhadap suami, dan terhadap pendidikan anak. Ibu dalam masyarakat yaitu menciptakan generasi, mengamalkan ilmu SI, dan menjalin silaturahmi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman,SS,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Sekolah, Pendidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:07
Last Modified: 26 Jul 2018 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum