KAJIAN IMPLEMENTASI BREAKING BAD HABITS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

TEGUH HADI WIBOWO, NIM. 1520410013 (2018) KAJIAN IMPLEMENTASI BREAKING BAD HABITS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN IMPLEMENTASI BREAKING BAD HABITS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
1520410013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN IMPLEMENTASI BREAKING BAD HABITS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
1520410013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengetahui bad habits siswa yang muncul pada pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Sleman, (2) memahami implementasi breaking bad habits pada pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan praktis (practical action research) dengan desain spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dibagi dalam tiga kelompok yaitu observasi, dokumen dan narasumber. Observasi berupa pemantauan (monitoring) terstruktur, dokumen berupa dokumen privat dan dokumen publik sedangkan narasumber ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model yaitu dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat lima siswa yang memiliki bad habits. Bad Habits tersebut berupa ketidakdisiplinan seperti bolos, terlambat, tidur sewaktu pelajaran, keluar kelas tanpa ijin, tidak hormat kepada guru, menggangu teman sebangku, bernyanyi-nyanyi sendiri, mengajak temantemannya bercanda berlebihan, mangkir atau tidak mau mengikuti pelajaran. Kedua, implementasi breaking bad habits pada pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Sleman diterapkan pada lima siswa yang memiliki bad habits dan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing tiga kali pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasilnya, sikap siswa menunjukkan perubahan dibuktikan dengan adanya interaksi antara guru dan siswa serta cara bersikap siswa yang semakin baik meliputi adab, hormat dan kepatuhannya, selain itu, adanya kemauan siswa untuk diajak kolaborasi dan kemampuan merespon dengan cepat stimulus yang diberikan peneliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Na‟imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Bad Habits, Siswa, Pendidikan, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:17
Last Modified: 26 Jul 2018 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum