RELEVANSI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DEWASA INI ( MASA 2000 – 2016 )

MUKHTAROM, NIM. 1520410017 (2017) RELEVANSI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DEWASA INI ( MASA 2000 – 2016 ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DEWASA INI ( MASA 2000 – 2016 ))
1520410017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DEWASA INI ( MASA 2000 – 2016 ))
1520410017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beragamnya agama, budaya, ras, maupun suku di Indonesia. Dalam hal ini Nurcholis Madjid sebagai tokoh Multikulturalisme mencoba merangkul semua perbedaan tersebut dalam konsep pemikirannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis nilai-nilai multikultural Naurcholis Madjid terhadap perkembangan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library Reaserch) dengan pendekatan sosio-historis yang biasa mengungkap ideologi dan biografi tokoh yang dijadikan objek dengan teknik pengumpulan data berupa menganalisis data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa multikulturalisme begitu penting diakomodir dalam sistem pendidikan. Konsep pendidikan multikultural yang digagas Nurcholis Madjid bertitik tolak dari konsep filosofisantropologis manusia sebagai Abd al-Allah dan Khalifatullah yang kualitas kemanusiaannya berproses sehingga memerlukan mujahadah dalam menyempurnakannya. Mujahadah itu diproses melalui medium pendidikan Islam yang menekankan pada terciptanya nilai-nilai Islam. Realitas pluralitas bangsa Indonesia adalah salah satu negara multikultural dan multireligius terbesar di dunia. Betapa tidak, hal ini dapat ditujukan dengan beberapa indikator baik secara sosio-kultural maupun geografis yang begitu plural dan luas. Nilai-nilai multikultural Nurcholish Madjid muncul dari interpretasi terhadap nilai-nilai Al- Qur’an (Niali-nilai Islam) dengan mengkonteksualkan realitas-kontemporer. Maka dari itu, yang dapat dikategorikan oleh Nurcholish Madjid sebagai nilainilai multikultural adalah keadilan, keterbukaan, demokrasi, persaudaraan dengan rahmat, persamaan, dan toleransi. Nilai-nilai multiultural Nurcholish Madjid relevan dengan tujuan pendidikan dan kurikulum pendidikan Islam masa kini. Dengan itu nilai multikultural Nurcholish Madjid relevan bagi perembangan Pendidikan Islam kurun 2000-2016 di Indonesia. Kontribusi dari hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan khazanah keilmuan seputar para tokoh dan sebagai rujukan bagi peneliti yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Nilai-nilai Multikultural, Pemikiran, Nurcholis Madjid, Pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:23
Last Modified: 26 Jul 2018 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum