PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWᾹ’ID BERBASIS PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 SIJUNJUNG PADANG TAHUN AJARAN 2017/2018

MASLIAH, NIM. 1520410065 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWᾹ’ID BERBASIS PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 SIJUNJUNG PADANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWᾹ’ID BERBASIS PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 SIJUNJUNG PADANG TAHUN AJARAN 2017/2018)
1520410065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWᾹ’ID BERBASIS PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 SIJUNJUNG PADANG TAHUN AJARAN 2017/2018)
1520410065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran termasuk qawā’id bahasa Arab. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa buku siswa bahasa Arab kurikulum 2013 pendekatan saintifik adalah salah satu buku pelajaran bahasa Arab yang digunakan pada saat ini. Buku ini juga digunakan dalam pembelajaran qawā’id untuk siswa kelas XI MAN 1 Sijunjung Padang. Penggunaan buku ini tidak efektif karena tidak sesuai dengan kondisi siswa dan di sekolah juga tidak tersedia bahan ajar penunjang. Oleh karena itu peneliti akan mengembangkan bahan ajar qawā’id berbasis pendekatan analisis kontrastif yang layak digunakan sebagai alternatif dan penunjang untuk pembelajaran qawa’id di kelas XI MAN 1 Sijunjung Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pembuatan dan pengembangan bahan ajar qawā’id berbasis pendekatan analisis kontrastif, mengetahui hasil validasi ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa serta efektivitas penggunaan bahan ajar qawā’id berbasis pendekatan analisis kontrastif untuk siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Sijunjung, Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan yang disederhanakan menjadi 7 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, pengembangan produk, validasi, revisi dan uji coba. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) hasil validasi ahli media terhadap bahan ajar qawā’id diperoleh persentase 91,7% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli materi terhadap bahan ajar qawā’id diperoleh persentase 75% dengan kategori baik, 2) hasil respon guru terhadap materi pembelajaran bahan ajar qawā’id berbasis pendekatan analisis kontrastif diperoleh persentase 84,2% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon siswa diperoleh persentase 78,8% dengan kategori baik, 3) penggunaan bahan ajar qawa’id berbasis pendekatan analisis kontrastif sangat efektif dalam pembelajaran dengan perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas XI IPS 1 sebesar 46,78 dan nilai post-test 80,13, adapun nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas kelas XI IPS 2 sebesar 42,67 dan nilai post-test sebesar 82,96, sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas XI IPA 1 sebesar 54,91 dan rata-rata nilai post-test sebesar 88,09 serta nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas kelas XI IPA 2 sebesar 59,45 dan nilai post-test sebesar 83,32. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa materi pembelajaran qawā’id berbasis pendekatan analisis kontrastif dan dapat menjadi bahan ajar tambahan bagi siswa dalam pembelajaran qawā’id.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc. M. A
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Pembelajaran Qawā’id, Pendekatan Analisis Kontrastif
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 15:00
Last Modified: 26 Jul 2018 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum