PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK KORBAN DALAM TERJADINYA TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KEPOLISIAN RESORT BANTUL

ARDI SETYAWAN, NIM. 13340013 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK KORBAN DALAM TERJADINYA TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KEPOLISIAN RESORT BANTUL. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK KORBAN DALAM TERJADINYA TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KEPOLISIAN RESORT BANTUL)
13340013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK KORBAN DALAM TERJADINYA TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KEPOLISIAN RESORT BANTUL)
13340013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti dan membahas masalah perlindungan hukum terhadap hak-hak korban dalam terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Kepolisian Resort Bantul. Hal ini di latar belakangi bahwa kekerasan dalam rumah tangga merupakan isu sosial yang sangat serius untuk menjadi perhatian baik dari pemerintah, aparat penegak hukum maupun masyarakat pada umumnya yang dalam hal ini kurang mendapat respon yang memadai. Di lingkungan kepolisian khususnya di Kepolisian Resort Bantul kasus tentang kekerasan dalam rumah tangga menjadi ranah kerja Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) yang diharapkan dengan itu menjadi tempat untuk para korban kekerasan dalam rumah tangga melaporkan kasusnya dengan aman dan nyaman kepada kepolisian. Berdasarkan latar belakang diatas dapat ditarik pokok masalah sebagai berikut, pertama, bagaimana perlindungan hak-hak korban dalam terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Kepolisian Resort Bantul. Kedua, apakah penanganan korban tindak kekerasan dalam rumah tangga di Kepolisian Resort Bantul sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), yaitu dengan mengadakan peninjauan langsung di Kepolisian Resort Bantul. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan data berupa wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait serta dilengkapi dengan arsip-arsip yang dimiliki oleh Kepolisian Resort Bantul dalam melindungi hak-hak korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di wilayah Bantul. Penelitian yang penulis lakukan ini bersifat deskriptif yaitu suatu penelitian yang hasil dari penelitiannya memberikan gambaran yang objektif tentang perlindungan hak-hak korban dalam terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Kepolisian Resort Bantul. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memberikan perlindungan terhadap hak-hak korban kekerasan dalam rumah tangga Kepolisian Resort Bantul telah melakukan pertama, memberikan ruang pelayanan khusus dan bimbingan konseling untuk membuat korban kekerasan dalam rumah tangga merasa aman. Kedua, bekerja sama dengan pihak instansi lain seperti, tenaga kesehatan, pekerja sosial, relawan pendamping/bimbingan rohani. Ketiga, mengantarkan korban periksa ke dokter apabila korban mengalami luka akibat kekerasan dalam rumah tangga. Keempat, apabila korban merasa terancam di lingkungan rumahnya, pihak kepolisian akan memberikan pelayanan dengan mengantar korban kepada lembaga-lembaga sosial agar terjamin keselamatannya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Fatma Amilia, S.Ag, M.SI
Uncontrolled Keywords: Kekerasan dalam rumah tangga, Kepolisian Resort Bantul.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:40
Last Modified: 27 Jul 2018 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum