TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

NADIA FARHANA PUTRI, NIM. 14340044 (2018) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY))
14340044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY))
14340044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara yang memiliki keunikan masing-masing. Secara yuridis, kedudukan seorang anak menimbulkan akibat hukum. Pencurian sebagai salah satu bentuk kejahatan di masyarakat yang sulit untuk dihilangkan. Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sering terjadi tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak terutama pada waktu malam hari. Tindakan tersebut tidak sedikit pula dilakukan dengan cara merusak demi memudahkan anak dalam mengambil barang yang bukan miliknya. Dengan adanya lima putusan dari peradilan umum di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tentang pencurian yang dilakukan oleh anak dapat menggambarkan dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang menganalisa dokumen-dokumen terkait penelitian dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptifanalistis. Dalam metode pengumpulan dan analisis data penyusun menggunakan metode wawancara dengan dokumen-dokumen hukum yang berkaitan dalam masalah pencurian yang dilakukan oleh anak di wilayah peradilan umum Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dijelaskan dalam bentuk teks naratif dan tabel, serta analisis dengan tujuan akhir memperoleh kesimpulan dari permasalahan yang dibahas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penjatuhan pidana kepada anak yang telah melakukan tindak pidana pencurian sesuai Pasal 363 KUHP telah menggunakan proses peradilan anak sebagaimana diatur pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dimana penyidik, penuntut umum, hakim, pembimbing kemasyarakatan, advokat atau pemberi bantuan hukum dan petugas lainnya memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak dengan mengusahakan suasana kekeluargaan tetap terpelihara seperti halnya dalam pemeriksaan tidak memakai toga atau atribut kedinasan, memperoleh bantuan hukum serta mendapatkan pendampingan dari Pembimbing Kemasyarakatan. Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi berupa pidana penjara ataupun pembinaan dalam lembaga bagi anak karena anak terbukti secara sah bersalah, telah terpenuhinya unsur-unsur, perbuatan anak meresahkan masyarakat, latar belakang keluarga maupun lingkungan terdekat, fakta hukum di persidangan, ultitum remidium sebagai upaya terakhir yang dipandang adil dan setimpal, mempertimbangkan rekomendasi dari pembimbing kemasyarakatan, dan diharapkan anak akan jera sehingga dapat memperbaiki diri serta masa depannya

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. AHMAD BAHIEJ, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Anak, Pencurian, Pertimbangan Hakim
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2018 14:10
Last Modified: 27 Jul 2018 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum