EFEKTIVITAS PERWALI NIKAH GRATIS TERHADAP PENCATATAN PERKAWINAN DI KOTA BLITAR(STUDI ATAS PERWALI NOMOR 77 TAHUN 2014 TENTANG FASILITASI BIAYA PERKAWINAN)

AISYATUL AZIZAH, NIM. 14350023 (2018) EFEKTIVITAS PERWALI NIKAH GRATIS TERHADAP PENCATATAN PERKAWINAN DI KOTA BLITAR(STUDI ATAS PERWALI NOMOR 77 TAHUN 2014 TENTANG FASILITASI BIAYA PERKAWINAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERWALI NIKAH GRATIS TERHADAP PENCATATAN PERKAWINAN DI KOTA BLITAR (STUDI ATAS PERWALI NOMOR 77 TAHUN 2014 TENTANG FASILITASI BIAYA PERKAWINAN))
14350023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERWALI NIKAH GRATIS TERHADAP PENCATATAN PERKAWINAN DI KOTA BLITAR (STUDI ATAS PERWALI NOMOR 77 TAHUN 2014 TENTANG FASILITASI BIAYA PERKAWINAN))
14350023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah upaya Pemerintah Kota Blitar menerbitkan Perwali Nomor 77 Tahun 2014 tentang Fasilitasi Biaya Perkawinan Warga Kota Blitar yaitu pendananaan biaya pencatatan perkawinan sebagai daya tarik untuk mencatatkan perkawinan karena berdasarkan penelitian masih ada masyarakat Kota Blitar yang menikah siri disebabkan faktor ekonomi. Pokok masalahnya meliputi latar belakang, pencatatan perkawinan di Kota Blitar setelah penerbitan perwali serta efekvitas perwali tentang fasilitasi biaya perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dan informasi bersumber dari Staff Pemerintah Kota bagian pelayanan masyarakat ,seluruh Kepala Kantor Urusan Agama, Dua Modin dan P3N, Dua Penyuluh Agama PNS dan honorer serta Enam masyarakat penerima biaya fasilitasi Nikah Gratis di Kota Blitar. Pendekatan penelitian menggunakan sosiologi hukum yaitu mengacu pada Perwali Nomor 77 Tahun 2014 Tentang Fasilitasi Biaya Perkawinan dan bagaimana efektivitas Perwali Nikah Gratis terhadap Pencatatan Perkawinan di Kota Blitar diketahui dengan menyinkronkan hasil penelitian terhadap teori efektivitas dan sosiologi hukum. Kesimpulan yang didapat dari penelitia ini adalah (1)Tujuan penerbitan Perwali terhadap pencatatan perkawinan di Kota Blitar yaitu: Meningkatkan pencatatan perkawinan, Memberikan kenyamanan masyarakat dengan aplikasi APBD Daerah dan Meringankan biaya perkawinan masyarakat. (2) Pencatatan perkawinan di Kota Blitar setelah penerbitan perwali mengalami peningkatan yang sangat pesat ditahun pertama yaitu hampir 100 persen sedangkan tahun berikutnya berjalan fluktuaatif. Pemerintah Kota juga mengangkat Modin dan P3N sebagai pengawas masyarakat yang juga berkewajiban menyosialisasikan Perwali bersama Penyuluh agama. (3) Perwali Nikah Gratis di Kota Blitar sudah efektif dalam meningkatkan pencatatan perkawinan tetapi lebih fokus pada faktor pembiayaan dan kenyamanan masyarakat. Maka belum mencangkup secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Agus Muhammad Najib, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Perwali Nikah Gratis, Pencatatan Perkawinan, Fasilitasi Biaya Perkawinan.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2018 14:18
Last Modified: 27 Jul 2018 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum