TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (STUDI KASUS DI AGEN AIR MINUM AF DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI)

SYAIFUL MUJIB, NIM. 13380049 (2018) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (STUDI KASUS DI AGEN AIR MINUM AF DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (STUDI KASUS DI AGEN AIR MINUM AF DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI))
13380049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (STUDI KASUS DI AGEN AIR MINUM AF DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI))
13380049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran air minum dalam kemasan (studi kasus di Agen air minum AF), Jurusan Muamalat Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini mengkaji tentang Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran di agen air minum AF beralamt di Desa Triguno Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menggambarkan keadaan atau fenomena mengenai Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran di agen air minum AF. Metode yang digunakan melalui metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: etika bisnis yang dilakukan oleh Agen Air Minum AF pada sebagian telah sesuai dengan prinsip etika bisnis prinsip komunikatif, prinsip rendah hati, prinsip tangung jawab, dan prinsip kejujuran. Meliputi menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis (silaturrahim), rendah hati, akuntabilitas, memberikan pelayanan yang optimal, menepati janji, tidak melipatgandakan harga dalam jual beli, jujur dalam kualitas dan kuantitas produk, serta jujur dalam memasarkan produk. Namun dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh AF bertentangan dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu mengelabuhi pihak Toko dengan merekayasa permintan, serta menjual produk AMDK secara langsung pada konsumen rumahan sehingga menimbulkan kerugian pada pihak toko, dalam hal ini tidak sesuai dengan prinsip etika untuk menepati janji merugikan pihak lain dan prinsip etika kejujuran yang diajarkan Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. KHOLID ZULFA, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Etika Pemasaran.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:13
Last Modified: 22 Oct 2018 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum