TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP UNDIAN BERHADIAH PADA TRADISI RASULAN (STUDI PADA PERSATUAN SEPAK BOLA NGUNUT DESA NGUNUT KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

INAYATUL MAULA, NIM. 14380047 (2018) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP UNDIAN BERHADIAH PADA TRADISI RASULAN (STUDI PADA PERSATUAN SEPAK BOLA NGUNUT DESA NGUNUT KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP UNDIAN BERHADIAH PADA TRADISI RASULAN (STUDI PADA PERSATUAN SEPAK BOLA NGUNUT DESA NGUNUT KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
14380047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP UNDIAN BERHADIAH PADA TRADISI RASULAN (STUDI PADA PERSATUAN SEPAK BOLA NGUNUT DESA NGUNUT KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
14380047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tinjauan Sosiologi Hukum Islam terhadap undian berhadiah pada tradisi Rasulan. Undian berhadiah dilaksanakan oleh Persatuan Sepak Bola Ngunut Desa Ngunut Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Undian berhadiah dilaksanakan pada saat tradisi rasulan, yang mana tradisi rasulan merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat terkait hasil panen yang melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang menjadikan undian berhadiah tetap dilaksanakan dan masuk dalam tradisi. Serta mengetahui undian berhadiah ditinjau dari segi Sosiologi Hukum Islam. Subjek dari penelitian ini adalah Pengurus Persatuan Sepak Bola Ngunut, Kepala Desa Desa Ngunut, Tokoh Agama desa, Tokoh adat masyarakat dan Dukuh. Serta masyarakat yang mengikuti atau membeli kupon undian berhadiah. Sedangkan yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan undian berhadiah pada tradisi rasulan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritis, pelaksanaan undian berhadiah mengandung unsur pengundian nasib dan termasuk dalam kategori judi. Judi merupakan kegiatan yang telah diharamkan dalam syariat, maka undian berhadiah ini termasuk dalam kategori ‘urf fasid.. Undian berhadiah masih terus dilaksanakan karena kegiatan tersebut dijadikan sebagai sarana hiburan untuk memeriahkan tradisi rasulan. Serta pendapatan dari penjualan kupon undian berhadiah digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan kegiatan persatuan sepak bola Ngunut dalam waktu satu tahun kedepan. Sehingga secara sosiologis, undian berhadiah menjadikan seseorang menjadi senang dan bahagia, kebahagiaan dan rasa senang merupakan salah satu kebutuhan rohani. Sehingga tercapai kebutuhan rohani masyarakat. Serta undian berhadiah menjadikan masyarakat saling berinteraksi dengan sesama. Dampak sosiologis yang ditimbulkan dari undian berhadiah adalah masyarakat memiliki mental perjudian. Selain itu, menjadikan seseorang melalaikan kewajiban umat Islam kepada Allah SWT, dalam pengundian kupon undian dilaksanakan bersamaan dengan waktu shalat Maghrib sedangkan para pembeli lebih mementingkan menunggu pengundian kupon. Pelaksanaan undian berhadiah juga memiliki dampak positif, yaitu masyarakat akan saling bertemu dan akan memperkuat hubungan kekeluargaan sesama warga karena masyarakat akan berkumpul untuk mengikuti undian berhadiah. Setelah didapatkan hasil, penulis memberikan saran sebaiknya semua hadiah yang disediakan untuk undian berhadiah berasal dari pihak ketiga atau sponsor supaya tidak ada unsur perjudian. Serta para tokoh memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait tujuan pembelian undian berhadiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MOCHAMAD SODIK, S.SOS., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Sosiologi Hukum Islam, Undian Berhadiah, Rasulan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2018 14:04
Last Modified: 22 Oct 2018 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum