IMPLEMENTASI UU NO.6 TAHUN 2014 TENTANG PILKADES PADA PILKADES CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015 PRESPEKTIF MAQASHID SYARI’AH

MUHAMMAD SAHAL MAHFUDZ, NIM. 11370016 (2018) IMPLEMENTASI UU NO.6 TAHUN 2014 TENTANG PILKADES PADA PILKADES CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015 PRESPEKTIF MAQASHID SYARI’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI UU NO.6 TAHUN 2014 TENTANG PILKADES PADA PILKADES CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015 PRESPEKTIF MAQASHID SYARI’AH)
11370016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI UU NO.6 TAHUN 2014 TENTANG PILKADES PADA PILKADES CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015 PRESPEKTIF MAQASHID SYARI’AH)
11370016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Demokrasi langsung yang dianut Indonesia dari masa ke masa terus mengalami perbaikan, salah satunya dengan diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, termasuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Sistem demokrasi langsung-serentak tersebut tidak lain bertujuan menekan praktik politik yang tidak sehat dalam Pemilu/Pilkades sehingga tercipta proses pemilihan yang bersifat langsung, jujur, rahasia dan adil. Perkembangan sistem demokrasi tersbut juga diikuti dengan perkembangan pemilih yang semakin cerdas untuk menilai kualitas individu masing-masing calon. Oleh karenanya, dalam hal ini penyusun tertarik untuk meneliti proses pelaksanaan pemilihan kepala desa di Desa Condongcatur menggunakan perspektif maqashid syariah. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu jenis penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa lapangan dan kepustakaan. Studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara kepada calon pilkades terpilih Desa Condongcatur dan Panitia Penyelenggara Pilkades. Adapun pendekatannya penelitian dengan cara pendekatan normatif selain itu dasar dalam penyusun penemuan yang ditemukan di lapangan menggunakan analisis-deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi hukum terkait pilkades berupa proses pelaksanaan pilkades sudah sesuai dengan maqashid syariah. Hal ini terbukti dengan adanya pelaksanaan pilkades serentak ini dapat meminimalisir anggaran biaya (hifdz mal), berlangsung secara adil, kondusif, dan tidak ada kecurangan (hifdz din), cara bermusyawarah dapat menemukan solusi yang logis dan akurat dalam pelaksanaan pilkades (hifdz aql), implementasi hukum terkait pilkades mempunyai tujuan untuk kesejahteraan masyarakat (hifdz nafz), dan metode pilkades serentak dalam mengangkat kepala desa yang sistematis ini dapat digunakan kembali oleh generasi berikutnya (hifdz nasl).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Yani Anshori, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pilkades Condongcatur, Maqashid Syariah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Oct 2018 14:05
Last Modified: 26 Oct 2018 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum