PERAN TOKOH ISLAM DALAM DISEMINASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BANYUMAS (Studi Kasus pada Peran Ahmad Tohari dan Moh. Roqib)

Aji Santoso, NIM. 1520411061 (2017) PERAN TOKOH ISLAM DALAM DISEMINASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BANYUMAS (Studi Kasus pada Peran Ahmad Tohari dan Moh. Roqib). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN TOKOH ISLAM DALAM DISEMINASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BANYUMAS (Studi Kasus pada Peran Ahmad Tohari dan Moh. Roqib))
1520411061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN TOKOH ISLAM DALAM DISEMINASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BANYUMAS (Studi Kasus pada Peran Ahmad Tohari dan Moh. Roqib))
1520411061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Aji Santoso, Peran Tokoh Islam dalam Diseminasi Nilai Pendidikan Multikultural di Banyumas (Studi Kasus pada Peran Ahmad Tohari dan Moh. Roqib). Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa kondisi masyarakat di Indonesia dihuni oleh banyak sekali perbedaan budaya. Keragaman budaya merupakan keniscayaan dari Tuhan yang tidak bisa kita tolak. Di daerah yang memiliki tingkat kemajemukan yang sangat tinggi biasanya memiliki potensi untuk terjadi sebuah konflik. Untuk itu perlu adanya solusi untuk mencegah potensi tersebut muncul di masyarakat. Pendidikan multikultural adalah salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut, karena pendidikan multikultural sangat menghargai segala macam bentuk perbedaan. Untuk itu perlu adanya peran seseorang agar nilai-nilai dari pendidikan tersebut dapat tertanamkan dengan baik. Banyumas yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah juga memiliki tingkat kemajemukan yang tinggi. Untuk itu pendidikan multikultural juga harus ditanamkan dengan baik di dalam Banyumas agar potensi-potensi konflik tidak muncul dalam masyarakat Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tokoh islam dalam diseminasi nilai pendidikan multkultural di Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian (informan) yang terdiri dari Ahmad Tohari, Moh. Roqib, Daniel Agus H, Muhammad Faisal Danial dan Haris Hidayatullah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Milles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Ahmad tohari dan Moh.Roqib dalam melakukan diseminasi nilai pendidikan multikultural dikarenakan ingin mengamalkan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan ingin selalu menyebarkan kebaikan kepada sesama. Hal ini dapat dilihat dari beberapa landasan yang mempengaruhinya, yaitu: landasan filosofis, landasan sosial dan budaya, dan latar belakang pemikiran yang semua hampir sama. Kedua, nilai yang didiseminasikan oleh Ahmad Tohari dan Moh. Roqib adalah nilai kesetaraan, nilai keadilan, nilai kemanusiaan, nilai sikap menerima keragaman, kebersamaan, kedamaian dan nilai sikap menghargai keragaman. Ketiga, dalam proses diseminasi nilai pendidikan multikultural yang dilakukan oleh Ahmad Tohari dan Moh. Roqib terdapat faktor pendukung, yaitu memiliki banyak media yang digunakan dalam melakukan diseminasi nilai pendidikan multikultural melalui FKUB, aspek kepenulisan, dan aspek pendidikan dan penghambat yang menyertai perjalanannya, yaitu masih adanya truth claim dari masing-masing agama sehingga Ahmad Tohari dan Moh. Roqib sering mendapatkan kritikan karena pemikirannya terlalu terbuka dengan agama lain. Walaupun demikian tidak menjadikan proses diseminasi nilai pendidikan multikultural yang dilakukan menjadi terhenti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabaruddin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Diseminasi, Nilai Pendidikan Multikultural, Banyumas, Ahmad Tohari, dan Moh. Roqib.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2018 08:50
Last Modified: 30 Oct 2018 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30550

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum