POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER (Studi Kasus: Empat Orang Tua Siswa Pemegang Kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta)

Yusuf Hanafiah, NIM. 1520411076 (2017) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER (Studi Kasus: Empat Orang Tua Siswa Pemegang Kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER (Studi Kasus: Empat Orang Tua Siswa Pemegang Kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta))
1520411076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER (Studi Kasus: Empat Orang Tua Siswa Pemegang Kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta))
1520411076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

YUSUF HANAFIAH. Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter (Studi Kasus: Empat Orang Tua Siswa Pemegang Kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta).Tesis. Yogyakarta: Magister Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Salah satu faktor utama keberhasilan pendidikan adalah pola asuh orang tua. JPD Kota Yogyakarta diberikan kepada penduduk Kota Yogyakarta yang merupakan keluarga pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS). KMS merupakan identitas penduduk Kota Yogykarta yang telah didata sebagai keluarga miskin berdasarkan parameter keluarga miskin yang di tetapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 417/KEP/2009 tentang Penetapan Parameter Pendataan Keluarga Miskin. Akan tetapi berdasarkan data dan fakta di lapangan, mayoritas siswa pemegang KMS khususnya di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta memiliki permasalahan dalam hal karakter dan perkembangan intelektual. Peneliti tertarik untuk meneliti pola asuh orang tua mereka di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua empat siswa pemegang KMS di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, dengan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa dan orang tua. Sedangkan obyeknya adalah kegiatan pola asuh orang tua terhadap anak di lingkungan keluarga. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa, untuk orang tua Nisfu, sang ibu lebih sering menerapkan pola asuh dengan ancaman dan cenderung otoriter, sedangkan sang ayah lebih permisisf. Kedekatan Nisfu dengan sang ayah membuat sang ayah lebih permisif. Adapun sang ibu memiliki watak keras membuat dirinya lebih otoriter serta terkadang menerapkan pola asuh dengan ancaman. Berikutnya Rahmat, kedua orang tuanya sama-sama bersikap permisif dalam mengasuh anak sehingga sang anak merasa bebas di rumah. Rahmat memiliki watak yang tempramental dan cenderung sulit untuk diatur sehingga menyebabkan kedua orang tuanya pasrah dan cenderung tunduk pada anak.Adapun Azizah, sang ibu lebih bersikap permisif, sebaliknya sang ayah cenderung melindungi anak tetapi di sisi lain juga bersikap permisif. Kedua orang tua berhasi menerapkan komunikasi dialogis dengan anak sehingga sang anak dekat dengan orang tuanya. Secara pendidikan, kedua orang tuanya merupakan lulusan sarjana dan memiliki taraf ekonomi yang tergolong berkecukupan. Sedangkan Arjun, dia merupakan anak yatim. Sang ibu sangat permisif kepada anak-anaknya dan tidak ada sikap otoriter darinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Siswa Pemengang KMS, Karakter.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:39
Last Modified: 31 Oct 2018 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum