ANALISIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DARI TAHUN 1975 SAMPAI KURIKULUM TAHUN 2013

Jamaludin, S. Pd. I, NIM. 1520411093 (2018) ANALISIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DARI TAHUN 1975 SAMPAI KURIKULUM TAHUN 2013. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
1520411093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text
1520411093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Analisis pendekatan pembelajaran kurikulum Pendidikan Agama Islam dari tahun 1975 sampai kurikulum tahun 2013. Tesis, Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Latar belakang penulisan ini adalah di Indonesia telah terjadi 10-11 kali pergantian kurikulum, mulai dari 1945, 1947, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 sampai pada yang sekarang adalah kurikulum 2013. Perkembangan zaman mengharuskan perubahan atau meng-upgrade kurikulum, termasuk pendekatan pembelajarannya juga disesuaikan dengan zaman. Penulisan ini mengupas pendekatan kurikulum 1975 sampai kurikulum tahun 2013, karena kurikulum Indonesia mulai tertata rapi dan terorganisir secara teoretis pada kurikulum tahun 1975. Pendekatan pembelajaran sangat mendasar, sakral dan fundamental. Oleh karena itu sangat penting untuk dianalsis. Pada penulisan isi menganalisis konsep prosedur pengembangan sistem instruksional (PPSI) pendekatan sistem, cara belajar siswa aktif (CBSA), kurikulum berbasis kompetensi (KBK), kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendekatan pada setiap kurikulum 1975-2013 kemudian mengaplikasikannya pada pembelajaran kurikulum pendidikan agama islam dan mencari pendekatan pembelajaran yang paling tepat untuk kurikulum pendidikan agama islam. Penulisan ini merupakan penulisan Studi pustaka (library research), dengan menggunakan pendekatan historis dan psikologi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan dokumen (Document collecting) yaitu mengumpulkan data-data dari sumber-sumber terpercaya baik dari dokumen pendidikan nasional maupun dari buku-buku, jurnal dan internet. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Induktif dan deskriptifanalisis. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Kurikulum 1975 dikenal dengan Prosedur pengembangan sistem instruksional yang menggunakan konsep pendekatan sistem, (2). Kurikulum 1984 menggunakan konsep pendekatan cara belajar siswa aktif (CBSA), (3). Kurikulum 1994 menggunakan konsep CBSA tapi lebih menakankan pada materi (isi)/content oriented, (4). Kurikulum 2002 dikenal dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang menggunakan konsep pendekatan competence oriented, dan pada kurikulum 2006 dikenal dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang sama dengan KBK menggunakan konsep pembelajaran berbasis kompetensi, akan tetapi bedanya adalah KBK disusun oleh pusat sedangkan KTSP disusun oleh tingkat satuan pendidikan masing-masing, (5). Kurikulum 2013 menggunakan konsep pendekatan Saintifik yang sangat kritis dan ilmiah dalam proses pembelajarannya. Konsep pendekatan yang sangat rekonstruktif dan inovatif untuk Pendidikan Agama Islam adalah pendekatan sistem dikombinasikan dengan CBSA dan Saintifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Upgrade, Inovasi, Pendekatan Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:40
Last Modified: 31 Oct 2018 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum