IMPLEMENTASI VISI DAN MISI SEKOLAH DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Komparasi di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta)

Anna Lisana Yudianti, NIM . 1520411094 (2018) IMPLEMENTASI VISI DAN MISI SEKOLAH DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Komparasi di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
1520411094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
1520411094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Implementasi Visi dan Misi Sekolah dalam Membina Karakter Religius Siswa (Studi Komparasi di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah ketidakjelasan implementasi visi, misi dan tujuan sekolah, sehingga menyebabkan tidak efektifnya fungsi kepemimpinan di sekolah. Salah satu usaha untuk membina karakter religius siswa adalah dengan implementasi visi dan misi yang harus dilaksanakan secara maksimal. Masing-masing sekolah pasti mempunyai visi dan misi yang biasanya terbingkai indah di dinding-dinding sekolah. Namun seringkali warga sekolah tidak mengetahui apa visi dan misi sekolahnya. Visi dan misi sebenarnya adalah arah kemana suatu sekolah akan menuju. Namun jika warga sekolah saja tidak tau apa visi dan misinya bagaimana sekolah bisa mencapai tujuan tersebut? Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi visi dan misi sekolah dalam membina karakter religius siswa (studi komparasi di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan latar SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan yang digunakan yaitu manajemen pendidikan dan psikologi pendidikan. Analisis data dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi visi dan misi sekolah dalam membina karakter religius siswa di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta dijabarkan melalui indikator-indikator yaitu konsep, program, pelaksanaan, dan evaluasi. Program-program keagamaan yang dijabarkan dari visi dan misi sekolah sudah terimplementasi dengan baik. Terlaksananya integrasi nilai-nilai religius dengan berbagai bidang keilmuan, dan prestasi dalam bidang keagamaan. Analisis komparasi dari kedua sekolah menunjukkan kesamaan walaupun ada beberapa perbedaan di bagian program, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, Tingkat keberhasilan implementasi visi dan misi sekolah dalam membina karakter religius siswa di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta secara umum sudah berhasil. Semua warga sekolah berperan dalam keberhasilan program sekolah, masing-masing mempunyai peran dan tupoksinya. Indikator keberhasilannya adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan rukun dengan pemeluk agama lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Visi, Misi, Karakter Religius.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2018 09:10
Last Modified: 01 Nov 2018 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum