IMPLEMENTASI STRATEGI EXSPOSITORI MELALUI METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs ANWAR FUTUHIYYAH SLEMAN

Arina Wahyuni, NIM . 1620410050 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI EXSPOSITORI MELALUI METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs ANWAR FUTUHIYYAH SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
1620410050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1620410050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Implementasi Strategi Exspositori melalui Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Anwar Futuhiyyah Sleman. Tesis. Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di Mts Anwar Futuhiyyah Sleman bahwa adanya kenaikan prestasi akademik dikarnakan proses belajar yang menyenangkan dengan menggunakan strategi exspositori melalui metode eklektik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang implementasi strategi exspositori dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Anwar Futuhiyyah Sleman. Jenis penelitian lapangan yang bersifat deksriptif dengan model kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisa data kulaitatif digunakan untuk mendeskripsikan kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari hasil penelitian dan ditarik kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian yaitu pembelajaran bahasa Arab di MTs Anwar Futuhiyyah menggunakan strategi exspositori melalui metode eklektik, proses penerapan strategi exspositori melalui metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Anwar Futuhiyyah dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: (a) persiapan, (b) pertautan, (c) penyajian, dan (d) evaluasi. Kelebihan strategi exspositori melalui metode eklektik ini adalah guru bisa mengontrol keluasan materi pembelajaran dan dapat mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi, guru dapat membuat pengajaran lebih bervariasi, menarik, dan dapat menghidupkan suasana belajar di kelas atau tidak monton dan siswa bersemangat dalam belajar. Adapun Kelemahan penerapan strategi ekspositori melalui metode eklektik ini adalah membutuhkan guru yang memiliki krediblitas yang tinggi, tidak hanya dalam bidang yang diajarkan tetapi juga tentang berbagai metode, butuh waktu yang lama dibandingkan dengan menggunakan metode lain, dan keterbatasan media pembelajaran juga merupakan salah satu penghambat dalam penerapan strategi ekspositori melalui metode eklektik. Dan Dampak penerapan strategi ekspositori melalui metode eklektik ini adalah guru aktif menyampaikan pembelajaran, guru sebagai pusat perhatian dan sumber utama belajar bagi siswa, memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran dan membuat kelas lebih mudah untuk dikontrol oleh guru, dan penerapan strategi ekspositori melalui metode eklektik membuat siswa bersemangat dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Exspositori, Metode Eklektik, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2018 15:55
Last Modified: 01 Nov 2018 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum