DINAMIKA PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS INKLUSIF MELALUI PROGRAM ISMUBA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL

Awal Aqsha Nugroho Awal Aqsha Nugroho, NIM. 1620411015 (2018) DINAMIKA PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS INKLUSIF MELALUI PROGRAM ISMUBA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS INKLUSIF MELALUI PROGRAM ISMUBA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL)
1620411015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS INKLUSIF MELALUI PROGRAM ISMUBA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL)
1620411015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Awal Aqsha Nugroho. Dinamika Pembinaan Sikap Religius Inklusif Melalui Program ISMUBA di SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Tesis. Yogyakarta: Magister Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini berawal dari tingkat religiusitas dan inklusifitas siswa perlu ditingkatkan, karena dengan pembelajaran saja tidak cukup untuk membentuk kepribadian siswa yang sempurna agamanya dan sempurna toleransinya. Program ISMUBA (al-Islam Kemuhammadiyah dan Bahasa Arab) diharapkan dapat membantu untuk mengembangkan sikap religius inklusif di SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Permasalahannya terkait dengan implementasi program ISMUBA sebagai sarana pembinaan sikap religius inklusif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan acuan terhadap guru ISMUBA dalam melaksanakan program dan melakukan proses pembelajaran yang efektif dan berdampak baik terhadap tingkat religius siswa dan keterbukaan siswa dalam menerima perbedaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Pendekatan yang digunakan adalah Psikologi Pendidikan. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka ISMUBA, guru ISMUBA, guru BK, dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Patuk sedangkan obyek penelitiannya berkaitan dengan metode atau cara yang digunakan dalam Pembinaan Sikap Religius Inklusif Melalui Program ISMUBA di SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperkuat dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ISMUBA dijadikan sebagai sarana pembinaan sikap religius inklusif siswa di SMK Muhammadiyah 1 Patuk karena dilihat dari indikator dan tujuan program ISMUBA yang disusun bersifat variatif dan memiliki sisi urgensitas. Implementasi program ISMUBA dalam pembinaan sikap religius inklusif berjalan sesuai dengan sasaran, tujuan dan indikator program. Pelaksanaan program bersifat rutin, variatif, sistematis, dan berkesinambungan. Hasil implementasi program ISMUBA yaitu dengan pesantren Ramadhan tingkat ibadah siswa menjadi lebih baik, kemampuan penguasaan bacaan dan gerakan sholat menjadi lebih baik, dengan Qur‟anisasi kemampuan membaca Al Qur‟an siswa menjadi lebih baik dan mengetahui beberapa hukum tajwid, program peringatan hari besar siswa dapat memperbaiki sikap dan kedisiplinannya, pelatihan khatib siswa menjadi lebih terampil berkhutbah dan materi yang dibawakan membuat jamaah lebih taat beribadah dan bersikap menghargai sesama, dan pembiasaan sholat duha dan dhuhur berjamaah membuat siswa terbiasa sholat berjamaah di masjid.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Religius, Inklusif, ISMUBA, SMK Muhammadiyah 1 Patuk
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Oct 2018 14:09
Last Modified: 26 Oct 2018 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum