UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI ANAK TEMPER TANTRUM DI TPA MUTIARA QURANI TAJEM MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN

RIRIN MUTHIATUN NISA’, NIM. 1520011065 (2018) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI ANAK TEMPER TANTRUM DI TPA MUTIARA QURANI TAJEM MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI ANAK TEMPER TANTRUM DI TPA MUTIARA QURANI TAJEM MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
1520011065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI ANAK TEMPER TANTRUM DI TPA MUTIARA QURANI TAJEM MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
1520011065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Usia dini merupakan masa dimana perkembangan anak dapat berkembang secara optimal baik pada aspek sosial emosional ataupun pada aspek lainnya. Oleh karena itu upaya dalam mengatasi anak yang mengalami temper tantrum sangat diperlukan agar perkembangan anak dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Obyek dalam penelitian ini adalah pendidik dan anak yang mengalami tantrum di TPA Mutiara Qur’ani Tajem Maguwoharjo Depok Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Pada tahap terakhir, data yang diperoleh akan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi, baik sumber ataupun metode. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwasannya: (1) Latar belakang anak mengalami temper tantrum di TPA Mutiara Qur’ani Tajem sangat beragam antara lain karena anak menginginkan sesuatu tetapi keinginannya tidak terpenuhi, pola asuh orang tua yang tidak konsisten dalam menerapkan aturan, anak mencari perhatian guru, anak berada dalam keadaan tidak nyaman, dan merasa frustasi sehingga menimbulkan banyak ketegangan yang harus diungkapkan dengan cara tantrum seperti dengan menjatuhkan diri ke lantai, bergerak-gerak dengan liar serta menjerit sekeraskerasnya. (2) Upaya yang telah dilakukan oleh pendidik di TPA Mutiara Qur’ani Tajem dalam mengatasi anak temper tantrum antara lain dengan mencari tahu penyebab anak mengalami tantrum, memberi pengertian atau nasehat kepada anak, mengalihkan perhatian anak, memberikan kegiatan bermain lain kepada anak, memisahkan tempat main anak yang sedang tantrum dengan anak yang lain, mendekap agar anak merasa nyaman, Pada lain waktu guru juga membiarkan anak itu menangis dalam waktu yang lumayan lama kemudian dibuatkan susu sehingga anak tidak menangis lagi. (3) Hambatan yang dialami pendidik di TPA Mutiara Qur’ani Tajem dalam mengatasi anak temper tantrum antara lain, Pendidik belum mampu menerapkan strategi yang tepat agar anak tidak mengulangi tantrum mereka secara terus menerus, kurangnya kerjasama antara pendidik dan orang tua dalam mendidik anak, masih kurangnya pemahaman pendidik tentang anak usia dini dan kurangnya kemampuan pendidik dalam mengontrol emosi ketika menghadapi perilaku tantrum anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidik, Temper tantrum.
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2018 09:10
Last Modified: 01 Nov 2018 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum