KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

SEFTIANTI RIA SUDARMA, NIM. 11470121 (2017) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL)
11470121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL)
11470121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Skripsi. Tahun 2017. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan potensi peserta didik. Karakter adalah kepemilikan akan “hal-hal baik”. Upaya untuk membentuk individu berkarakter dilakukan melalui pendidikan karakter yang merupakan usaha sadar untuk menjadikan setiap individu memiliki karakter yang diharapkan. Sistem pendidikan nasional dalam batas pendidikan karakter diharapkan menghasilkan insan yang berkualitas, misalnya sejumlah orang yang dipercaya untuk menduduki posisi strategis di semua sektor dan di tengah-tengah masyarakat. Dalam membangun karakter budaya bangsa, lingkungan pendidikan harus mengarah pada penciptaan lingkungan keluarga yang sarat dengan nilai (agama, budaya, dan kebangsaan). Selain itu, kehidupan di sekolah juga harus mengupayakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan filosofis. Mengkaji dan menggali data-data masa lalu dan mengaitkanya dengan bebagai data yang relevan di masa sekarang. Penelitian ini mengkaji secara ilmiah berbagai literatur-literatur yang relevan terhadap tema. Sehingga menjadi bahan analisis dengan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Grounded artinya data yang diperoleh kemudian diuraikan berdasarkan data analisis menjadi konsep. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakter adalah objektifitas yang baik atas kualitas manusia. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 telah dijelaskan secara implisit tentang pendidikan karakter yang berlandaskan pada sistem pendidikan nasional. Konsep dasar pendidikan karakter di Indonesia merupakan pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari nilai agama, Pancasila, budaya bangsa dan tujuan pendidikan nasional yang mencakup aspek pengetahuan moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling) dan perilaku moral (moral behavior). Sehingga dirumuskan bentuk-bentuk karakter utama diantaranya: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dan yang menjadi tolok ukur Pendidikan Indonesia berdasarkan kualitas masukan peserta didik dan hasil yang optimal dengan indikator upaya yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 14:17
Last Modified: 09 Aug 2018 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum