STRATEGI PEMASARAN IDEOLOGI GERAKAN WAHABI DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

MUHAMMAD RIDHO AGUNG, NIM. 13490018 (2018) STRATEGI PEMASARAN IDEOLOGI GERAKAN WAHABI DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN IDEOLOGI GERAKAN WAHABI DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
13490018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN IDEOLOGI GERAKAN WAHABI DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
13490018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Ridho Agung, Strategi Pemasaran Ideologi Gerakan Wahabi Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2018. Berbagai organisasi gerakan Islam transnasional telah mengoperasikan proses pemasaran ideologi di lingkungan perguruan tinggi. Mahasiswa di perguruan tinggi menjadi menjadi objek utama yang akan dijadikan kader ideologis. Dalam merespon ideologi gerakan Islam transnasional terjadi distingsi antara sikap penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi umum dengan mahasiswa di perguruan tinggi agama Islam. Maka peneliti memilih salah satu objek fokus di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang notabenenya dikenal sebagai kampus pancasila. Kebangkitan gerakan ideologi wahabi sebagai gerakan Islam transnasional di lingkungan Fakultas Teknik UGM telah mengalami pergualatan dengan ideologi organisasi gerakan Islam nasional. Nilai nilai pancasila sebagai ideologi dasar mahasiswa telah mengalami perubahan pada doktrin ideologi daulah Islamiyah. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa strategi pemasaran ideologi yang dilakukan oleh Gerakan Wahabi di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Dalam hal ini peneliti menemukan bahwa pemasaran ideologi gerakan wahabi yang meliputi: product (produk) yang berupa ideologi puritanisme, price (harga) berupa harga pencitraan gerakan, promotion (promosi) melalui kader terbaik dan slogan, place (tempat atau distribusi) di mushalla fakultas dan masjid yang berada di lingkungan kampus, people (SDM) Dosen dan Mahasiswa, physical evidence (bukuti fisik) ruangan belajar dan ijazah, dan process (proses) rangakaian kegiatan harian. Implementasi marketing mix dalam menganalisis gerakan Wahabi menemukan bahwa dalam memasarkan ideologinya gerakan Wahabi menggunakan sinergisitas dua jalur, yaitu struktural organisasi mahasiswa dan nonstruktural organisasi lewat halaqah dan lembaga pendidikan Islam nonformal yang didirikan oleh yayasan pendidikan muslim Al Atsari (YPIA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ideologi, Wahabi, Puritanisme, Transnasional, Daulah Islamiyah.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 14:45
Last Modified: 09 Aug 2018 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum