POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDIDIK AGAMA (ISLAM) (STUDI KASUS DI DESA REJOSARI KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO)

Desy, . (2015) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDIDIK AGAMA (ISLAM) (STUDI KASUS DI DESA REJOSARI KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO). Pendidikan Agama Islam, 12 (1). pp. 75-94. ISSN 2502-2075

[img]
Preview
Image
cover depan.png - Cover Image

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDIDIK AGAMA (ISLAM) (STUDI KASUS DI DESA REJOSARI KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO))
Desy - POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDIDIK AGAMA (ISLAM) (STUDI KASUS DI DESA REJOSARI KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO).pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Image
cover blkg.png - Cover Image

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola asuh orang tua tunggal dalam mendidik anak-anaknya: pola asuh seperti apa yang diberikan orang tua tunggal dalam mendidik agama kepada anak-anaknya; bagaimana dampak psikologis dari anak-anak yang diberi perlakuan seperti tersebut? Subjek dalam penelitian ini adalah para orang tua tunggal baik yang disebabkan perceraian maupun karena kematian, sebanyak sembilan orang yang terdiri dari tiga laki-laki dan enam perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara dan lembar observasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui jenis pola asuh yang diberikan para orang tua tunggal dan observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan keagamaan anak-anak dalam mengikuti kegiatan TPA. Hasilnya diperoleh bahwa mayoritas (80%) dari para orang tua tunggal menggunakan pola asuh otoriter yang menekankan pada disiplin ketat tanpa kompromi, tidak memberi pemahaman yang jelas dalam memberikan hukuman kepada anak jika anak melakukan kesalahan, dan seringkali menggunakan nada kasar. Efeknya terhadap anakanaknya adalah bahwa mereka seringkali mengikuti kegiatan TPA (berangkat dari rumah menuju TPA), namun setibanya di TPA terkadang dari mereka hanya bermain-main saja (tidak mengaji), anak-anak beralasan yang penting dia berangkat dari rumah hanya untuk menyenangkan orang tua. Mereka merasa tidak senang dengan kondisi di rumah karena orang tua seringkali memarahi bahkan memberi hukuman fisik jika mereka tidak mematuhi perintah ayah atau ibunya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Pendidikan Anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2018 15:44
Last Modified: 09 Oct 2018 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum